banner 468x60

Pemkot Gelar Syukuran Hari Jadi Pembentukan Kota Singkawang

  • Bagikan
Pemerintah Kota Singkawang menggelar syukuran peringatan Hari Jadi Pembentukan Kota Singkawang ke 20 di Balairung kantor Wali Kota Singkawang, Minggu, (17/10/2021). (Istimewa)

SINGKAWANG, insidepontianak.com – Pemerintah Kota Singkawang menggelar syukuran peringatan Hari Jadi Pembentukan Kota Singkawang ke 20 di Balairung kantor Wali Kota Singkawang, Minggu, (17/10/2021). Peringatan hari jadi pembentukan Kota Singkawang ke 20 dengan tema “Saling Melindungi Untuk Singkawang Hebat” digelar terbatas dengan protokol kesehatan ketat.

Kegiatan dihadiri Pj Sekda Provinsi Kalimantan Barat, Samuel, Wali Kota Singkawang Tjhai Chui Mie, Wakil Wali Kota Singkawang Irwan, Bupati Sambas, Bupati Bengkayang, Wakil Bupati Mempawah, Mantan Wali Kota Singkawang Awang Ishak, Sekda Sumastro, Forkopimda, Kepala OPD, Camat dan Lurah.

Wali Kota Tjhai Chui Mie menyampaikan rasa hormat dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada seluruh komponen masyarakat yang telah berjasa dalam memperjuangkan terbentuknya kota Singkawang.

“Semoga jasa dan perjuangan yang diberikan itu mendapat balasan yang setimpal dari Tuhan yang maha kuasa,” kata Tjhai Chui Mie.

Tjhai Chui Mie mengatakan Kota Singkawang sudah memasuki usia 20 tahun. Usia yang dapat dikatakan mencapai usia dewasa berdiri mandiri dan matang dalam menciptakan tata kelola pemerintahan yang baik.

“Sebuah tata pemerintahan yang maju mengayomi dan responsif atas kebutuhan perkembangan yang terjadi baik pada aspek teknologi maupun aspek ekonomi sosial masyarakat regional dan global,” ujarnya.

Di hari jadi ke-20 pembentukan kota Singkawang saat ini masih dalam suasana pandemi covid 19 yang berdampak hampir pada semua aspek kehidupan masyarakat. Namun keadaan demikian tidaklah menjadikan kita semua pasrah dan menyerah namun sebaliknya harus dapat dipandang sebagai sebuah rangkaian dan tantangan yang mampu membuat kita semakin lebih baik lebih baik.

“Tema peringatan hari jadi ke-20 pembentukan Kota Singkawang tahun 2021 mempresentasikan kasih sayang antar semua golongan dan lapisan masyarakat Kota Singkawang serta menumbuhkan rasa sadar saling mengasihi untuk menekan penyebaran covid-19,” ujarnya.

Dikatakan Tjhai Chui Mie pembangunan yang dilakukan di kota Singkawang di tengah kondisi ekonomi saat ini memerlukan upaya dan kiat yang lebih besar dibandingkan pada saat kondisi normal, salah satunya upaya pemerintah kota Singkawang untuk terus mendorong pembangunan dengan menggunakan dana pemulihan ekonomi nasional (PEN).

Dana PEN kota Singkawang dipergunakan untuk memberikan percepatan pemulihan atas dampak pandemi Covid 19 dengan pembangunan infrastruktur.

“Infrastruktur penunjang di seluruh kota Singkawang baik infrastruktur jalan dan pendidikan pembangunan tersebut diharapkan mampu memberikan dorongan untuk menggerakkan roda perekonomian perekonomian masyarakat,” katanya.

Kota Singkawang terus tumbuh berkembang menjadi sebuah kota yang hidup sosial kultural dan lingkungan ekologisnya untuk menciptakan sebuah kota yang memiliki identitas untuk menciptakan sebuah kota yang nyaman. Menurutnya, sebuah kota yang dicintai masyarakatnya tentu saja memerlukan sinergi harmonis antara seluruh stakeholder yang ada dengan masyarakat di dalamnya.

“Hal tersebut menjadi tugas kita semua yang hidup dan tinggal di Kota Singkawang untuk mewujudkannya. Dengan berbagai macam etnis budaya agama dan kepercayaan yang saling hidup rukun. Kehidupan masyarakat yang harmonis tersebut diapresiasi dengan meriah predikat kota toleran di Indonesia,” ungkapnya.

Sementara Indeks pembangunan manusia (IPM) kota Singkawang yang merupakan salah satu indikator pembangunan daerah pada tahun 2020 mengalami peningkatan dibandingkan dengan tahun 2019 yaitu sebesar 71,94. Selain itu angka kemiskinan berhasil ditekan dari sebesar 4, 9 persen menjadi 4,5 persen.

“Hal ini memberikan gambaran hasil capaian pembangunan Pemerintah Kota Singkawang dalam mendorong pembangunan di daerah terutama sektor pembangunan manusia dan peningkatan kesejahteraan masyarakat,” ujarnya.

Sementara, Pj Sekda Provinsi Kalimantan Barat, Samuel mewakili Gubernurmenyampaikan ucapan selamat hari jadi ke-20 kepada Pemerintah Kota Singkawang dan segenap komponen masyarakat yang ada di Kota Singkawang.

“Kita berharap di usia yang ke-20 ini menjadi momentum bagi kota Singkawang lebih baik di masa yang akan datang, terutama dalam hal melayani masyarakat dan menjalankan fungsi pemerintah dan membangun demi terwujudnya visi pemerintah kota Singkawang yaitu Menuju Singkawang Hebat 2022,” kata Samuel.

Samuel mengatakan usia ke-20 ini merupakan usia muda yang dipenuhi oleh gelora semangat dan cita-cita untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat kota Singkawang Hal ini dapat kita rasakan dari kemajuan pembangunan dari tahun ke tahun di kota Singkawang. Kemajuan tersebut dapat kita rasakan pada infrastruktur daerah yang semakin baik, menggeliatnya roda kehidupan masyarakat pada aspek ekonomi, sosial, budaya pelayanan publik dan tata kelola pemerintah yang semakin baik.Ia berharap melalui peringatan hari jadi ini dijadikan media untuk merefleksi serta intropeksi kembali terhadap kontribusi dan karya nyata kita dalam pelaksanaan pembangunan di Kota Singkawang.

“Pencapaian pembangunan tersebut tentunya tidak lepas dari peran seluruh stake holder dan elemen yang ada baik itu pemerintah masyarakat maupun pihak wisata untuk bersama-sama membangun kota Singkawang. Pencapaian tersebut patut kita banggakan dan disyukuri,” katanya. (Ril)

Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: