banner 468x60

Ziarah Makam Pendiri Gunakan Jalur Sungai, Sultan Pontianak: Awal Mula Sejarah Dari Sini

  • Bagikan
Arak-arakan ziarah makam pendiri Kota Pontianak gunakan Jalur Sungai, Ist
Arak-arakan ziarah makam pendiri Kota Pontianak gunakan Jalur Sungai, Ist

PONTIANAK, insidepontianak.com – Sultan Pontianak IX, Sultan Syarif Mahmud Melvin Alkadrie hadir dalam prosesi ziarah makam Sultan Syarif Abdurrahman Alkadrie dalam rangka HUT Kota Pontianak, Rabu (20/10/2021).

Ia menjelaskan, ziarah makam Sultan Syarif Abdurrahman Alkadrie ini memang merupakan agenda rutin Kesultanan Kadriah setiap memperingati Hari Jadi Kota Pontianak.

Tidak seperti tahun-tahun sebelumnya, yang mana ziarah dilakukan melalui jalur darat, tahun ini, ziarah dilaksanakan melalui sungai dengan menggunakan kapal dari Istana Kadriah menuju Makam Batu Layang.

“Kita melaksanakan ziarah melalui sungai karena kita ingin mengenalkan dari sisi budaya kepada masyarakat dimana awal mula berdirinya Kota Pontianak ini,” ungkapnya.

Terlebih, kata Sultan, Sungai Kapuas yang disusuri ini merupakan sungai terpanjang se-Indonesia. Kedepan, ia berharap karnaval air ini bisa dikemas menjadi sebuah festival atau lomba sehingga menjadi destinasi wisata di Kota Pontianak.

Pihak Kesultanan juga sudah menjalin komunikasi dengan Pemkot Pontianak terkait program atau kegiatan untuk menyambut Hari Jadi Kota Pontianak.

“Memang Kesultanan Kadriah dan Pemkot Pontianak selalu bersinergi baik dari kegiatan apapun kita selalu bersinergi,” imbuhnya.

Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: