banner 468x60

Butuh yang Hangat saat Hari Hujan, Wedang Jahe Bisa Jadi Solusi

  • Bagikan
Ilustrasi teh jahe. (Sumber: Shutterstock)

PONTIANAK, insidepontianak.com – Siapa tak kenal minuman wedang jahe. Wedang jahe merupakan salah satu minuman yang nikmat untuk diseruput saat hari hujan, atau cuaca dingin dan tubuh memerlukan kehangatan.

Jika ingin membuatnya di rumah, resep wedang jahe bisa jadi solusi mudah, lho.

Selain bisa membelinya dengan mudah di angkringan, kita dapat membuat wedang jahe ala rumahan dengan bermacam resep wedang jahe yang sudah banyak tersebar di internet.

Dilansir dari kanal YouTube Zasanah San, dikutip Suara.com, berikut cara membuat wedang jahe yang enak dan segar di rumah.

Bahan:

1 ruas jahe ukuran besar
2 batang serai
200 gram gula jawa
150 gram gula pasir
1000 ml air

Cara membuat wedang jahe

Bakar jahe bersama kulitnya sampai benar-benar matang, kemudian cuci bersih sampai tidak ada lagi kulit-kulit yang gosong.

Setelah itu, geprek jahe bakar yang sudah dibersihkan dan juga batang serai.

Siapkan panci panas, lalu masukkan gula jawa, gula pasir, jahe, serai, dan air sebanyak satu liter.

Masak sampai semua bahan dan gula larut ke dalam air dan tercium aroma yang harum, kurang lebih selama 20 menit. Tutup panci untuk hasil maksimal.

Jika semua bahan sudah larut dan air sudah mendidih, matikan kompor dan saring air dari ampas yang tersisa

Wedang jahe siap dinikmati.

Selain nikmat, wedang jahe juga memiliki bermacam manfaat selain menghangatkan badan. Beberapa manfaat wedang jahe adalah meredakan nyeri haid, merelaksasi otot, serta menurunkan risiko penuaan dini.

Tidak hanya menggunakan campuran gula dan batang serai saja, kamu juga bisa menambahkan beberapa bahan untuk membuat wedang jahe semakin nikmat seperti buah lengkeng atau selasih.

Bukan cuma bisa dikonsumsi oleh orang tua, wedang jahe ini juga baik untuk dikonsumsi anak-anak. Hanya saja, beberapa dari mereka mungkin tidak terlalu menyukainya gara-gara rasa wedang jahe yang sedikit pedas karena rempah-rempah yang digunakan.

Ketika memasuki musim dingin seperti ini, wedang jahe memang cocok disajikan khususnya di pagi hari untuk menghangatkan tubuh. Jika kamu menyukai rasa wedang jahe yang sedikit asam, kamu juga bisa menambahkan perasan jeruk nipis.

Selamat mencoba resep wedang jahe di atas! Semoga berhasil merasakan manfaat jahe yang kaya kandungan baik.

Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: