banner 468x60

Kenali Manfaat Bunga Telang : Bisa Lancarkan Siklus Haid Lho

  • Bagikan
Ilustrasi bunga telang, bunga dengan segudang manfaat. (Dok. Elements Envato)
Ilustrasi bunga telang, bunga dengan segudang manfaat. (Dok. Elements Envato/suara.com)

PONTIANAK, insidepontianak.com – Tahukah kalian ada banyak manfaat Bunga telang atau Clitoria ternatea rupanya dikenal cukup efektif menjaga kesehatan tubuh. Memangnya, apa saja manfaat bunga telang bagi kesehatan?

Macam-macam warna pada bunga telang juga membuat banyak orang berlomba menanam bunga telang di halaman rumah mereka. Selain cantik, tanaman satu ini juga memiliki beragam manfaat yang perlu kamu tahu.

Dirangkum dari Suara.com, berikut manfaat bunga telang untuk kesehatan.

Meningkatkan kesehatan otak

Beberapa penelitian bunga telang dengan subjek hewan, telah membuktikan bahwa bunga satu ini dapat meningkatkan kadar astetilkonin dalam otak yang berperan baik untuk menjaga kesehatan.

Dengan kadar asetilkolin yang tinggi, seseorang akan lebih kecil menderita pikun karena usia. Selain itu, seduhan teh bunga telang bermanfaat meningkatkan kemampuan berpikir otak secara umum.

Melancarkan siklus haid

Sebuah penilitian yang tertuang dalam Journal of Traditional and Complimentary Medicine, membuktikan bahwa bunga telang dapat membantu mengatasi beragam permasalahan reproduksi, khususnya siklus haid pada wanita.

Selain itu, bunga telang dapat mengurangi risiko keputihan yang tidak normal sebelum haid datang.

Menurunkan risiko kanker

Kandungan antioksidan pada bunga telang tentu cukup ampuh dalam menangkal masuknya radikal bebas penyebab kanker ke dalam tubuh.

Tidak hanya mencegah penyakit yang akan timbul, bunga telang juga dipercaya mampu menghambat pertumbuhan sel kanker.

Mencegah kulit keriput

Selain ampuh menangkal kanker, kandungan antioksidan juga baik untuk mencegah timbulnya kulit keriput sebagai tanda penuaan dini pada kulit. Bunga telang pun baik untuk menyehatkan dan membuat kulit tampak lebih bercahaya.

Melancarkan buang air kecil

Sifat diuretik pada bunga telang memiliki fungsi dalam memperlancar buang air kecil. Namun kali ini, kamu memerlukan akar bunga telang untuk memanfaatkannya.

Cukup rebus akar bunga telang, kemudian minum air rebusan itu setidaknya dua sampai tiga kali sehari.

Meringankan asma

Sejumlah penelitian telah membuktikan bahwa bunga telang cukup efektif untuk meringankan asma karena tidak menimbulkan alergi obat saat diminum.

Kandungan antiastamtik, antioksidan, dan ektrak etanol pada bunga telang memang mampu memberi perlindungan signifikan pada alergi.

Menjaga gula darah

Bunga telang, baik dikonsumsi bagi penderita diabetes, karena berkhasiat menjaga kadar gula dalam darah. Hal ini, tentu karena adanya beragam antioksidan dalam bunga telang yang mampu mengoptimalkan kinerja obat diabetes.

Itulah tadi beberapa manfaat bunga telang yang perlu diketahui. Semoga informasi di atas bermanfaat.

Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: