banner 468x60

Tokoh Masyarakat Minta Pusat Kembangkan Potensi SDA Jadi Sumber Tenaga Listrik

  • Bagikan
Yulius Heri, tokoh masyarakat Kabupaten Bengkayang. Rabu (20/10/2021). Baruna
Yulius Heri, tokoh masyarakat Kabupaten Bengkayang. Rabu (20/10/2021). Baruna

BENGKAYANG, Insidepontianak.com – Tokoh masyarakat Kabupaten Bengkayang, Yulius Heri meminta pemerintah kembangkan potensi sumber daya alam (SDA) di Kabupaten Bengkayang, menjadi sumber energi pembangkit listrik.

Pasalnya, sumber daya alam yang dimiliki Kabupaten Bengkayang sangat melimpah ruah untuk dimanfaatkan dengan maksimal, terlebih sebagai sumber tenaga listrik.

Kata dia, saat ini Pemerintah Indonesia telah menyusun strategi pengembangan biodiesel untuk memenuhi target yang telah ditetapkan.

Kemudian konversi pemanfaatan Bahan Bakar Minyak (BBM) menjadi Bahan Bakar Nabati (BBN) juga terus dilakukan upayanya.

“Pengembangan dan penelitian SDA di Kabupaten Bengkayang juga mesti dilakukan, sebagai upaya alternatif pembangkit listrik,”ucapnya. Rabu (20/10/2021).

Yulius Heri menyampaikan, Pemerintah Pusat sedang mengembangkan Biodiesel. Yang mana salah satu bahan baku biodiesel tersebut adalah sawit.

Menurutnya, pengembangan biodiesel sebagai bahan baku PLTD tersebut harus dilakukan. Sebab, Indonesia merupakan salah satu negara penghasil sawit terbesar, termasuk Kalimantan Barat.

“Hal tersebut mesti dikembangkan oleh pemerintah daerah hingga pemerintah pusat. Karena pengembangan biodiesel sebagai pembangkit listrik cukup berpotensi,”ujarnya.

Lanjut dijelaskannya, dampak negatif dari biodiesel tersebut sangatlah minim, dibandingkan dengan wacana pembangunan PLTN yang akan dibangun di Kabupaten Bengkayang.

Mengenai wacana tersebut, dirinya mendukung upaya pemerintah pusat. Namun, perlu kajian dan evaluasi mendalam terkait dampak terealisasinya PLTN bagi daerah dan masyarakat sekitar pembangunan.

“Kita mendukung, hanya saja perlu kajian dan evaluasi mendalam terkait dampaknya, baik dampak positif dan negatif,”tegasnya.

Dirinya berharap, upaya pemerintah pusat juga dalam mengembangkan biodiesel sebagai pembangkit listrik dapat berjalan dengan baik. Dan sebagai upaya alternatif-alternatif bagi daerah sebagai penunjang sumber daya listrik mendatang.(Baruna)

 

Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: