Cari Solusi Soal PETI, Polres Tunggu Komitmen Bersama Pemkab Bengkayang

  • Bagikan
Kapolres Bengkayang, AKBP Arif Agung Winarto. Baruna
Kapolres Bengkayang, AKBP Arif Agung Winarto. Baruna

BENGKAYANG, Insidepontianak.com – Kapolres Bengkayang, AKBP Arif Agung Winarto, mengatakan pihaknya terus berupaya memberantas para penambang emas tanpa izin (PETI). Upaya pemberantasan tersebut, diharap dapat juga dilakukan oleh stakeholder di Kabupaten Bengkayang.

Kapolres Arif menyampaikan, mengenai penanganan PETI sudah dilakukan rapat koordinasi oleh Polda Kalbar beserta Pemerintah dan DPRD Provinsi Kalbar.

Dari pertemuan tersebut, katanya, diharapkan ada solusi bersama. Peranan pemerintah daerah, harus jadi leading sector penanganan PETI. Solusi efektif bagaimana PETI jadi kegiatan pertambangan rakyat ramah lingkungan dan bisa diawasi.

“Kita tetap komitmen dalam pemberantasan PETI. Namun, upaya kegiatan pertambangan ilegal jadi pertambangan rakyat dan legal juga mesti diperhatikan bersama,” katanya, Jumat (22/10/2021).

Arif menuturkan, peran pemerintah daerah sangat penting. Karena pemda yang mempunyai wewenang memberikan izin dan regulasi kegiatan pertambangan.

“Bagaimana legal formalnya agar jadi pertambangan rakyat. Kalau hanya ditindak secara hukum oleh kepolisian, tak akan menyelesaikan masalah. Akan berapa banyak oknum masyarakat yang terus masuk penjara,” paparnya.

Ke depan pihaknya terus merangkul pemda dan stakeholder lainnya, dalam penindakan pertambangan emas tanpa izin ini. (Baruna)

Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: