banner 468x60

Bupati Erlina Pimpin Upacara Peringatan Hari Santri Ponpes Darut Tholibin

  • Bagikan
Bupati Mempawah, Erlina menjadi Inspektur Upacara pada Peringatan Hari Santri Nasional di Pondok Pesantren (PonpesDarut Tholibin, Desa Peniraman, Kecamatan Sungai Pinyuh, Mempawah, Jumat (22/10/2021). (Istimewa)

MEMPAWAH, insidepontianak.com – Bupati Mempawah, Erlina menjadi Inspektur Upacara pada Peringatan Hari Santri Nasional di Pondok Pesantren (PonpesDarut Tholibin, Desa Peniraman, Kecamatan Sungai Pinyuh, Mempawah, Jumat (22/10/2021).

Dalam sambutan Menteri Agama RI yang dibacakan langsung oleh Bupati Erlina, bahwa sejak ditetapkan pada tahun 2015, setiap tahun rutin diselenggarakan peringatan Hari Santri dengan tema yang berbeda. Untuk Peringatan Hari Santri 2021 ini mengangkat tema Santri Siaga Jiwa Raga.

Tema Santri Siaga Jiwa Raga menjadi sangat penting dan relevan di era pandemi saat ini, di mana kaum santri tidak boleh lengah dalam menjaga protokol kesehatan 5M+1D (Memakai Masker, Mencuci Tangan, Menjaga Jarak, Menjauhi kerumunan, Mengurangi Mobilitas, dan Doa).

“Kita patut mengapresiasi pengalaman beberapa pesantren yang berhasil melakukan upaya pencegahan, pengendalian, dan penanganan atas dampak pandemi COVID-19, hal ini menjadi bukti nyata bahwa pesantren juga memiliki kemampuan untuk menghadapi pendemi COVID-19 di tengah berbagai keterbatasan fasilitas yang dimilikinya,” ujarnya.

Oleh karena itu, kata Erlina melalui momen upacara Peringatan hari Santri Tahun 2021 ini, agar kita bersama-sama mendoakan para pahlawan terutama dari kalangan ulama, kiai, santri yang telah syahid di medan perang demi kemaslahatan bangsa dan agama. “Semoga arwah para pahlawan bangsa ditempatkan yang terbaik di sisi Allah SWT, Amin Yarobal Alamin,” doanya.

Setelah memimpin upacara peringatan Hari Santri Nasional, Bupati Hj.Erlina beserta rombongan meluncurkan Gebyar Vaksinasi COVID-19 Santri Pondok Pesantren Kabupaten Mempawah di gedung ponpes Darut Tholibin desa Peniraman Kecamatan Sungai Pinyuh. Dalam kesempatan itu juga, Bupati Erlina melihat para santri menjahit, dan mempola pakaian corak awan berarak, yakni ciri khas dari Kabupaten Mempawah.

Turut dihadiri Wakil Bupati Mempawah, H. Muhammad Pagi, Kepala Kantor Kementerian Agama, Mempawah Mi’rad, Pimpinan Pondok Pesantren se-Kabupaten Mempawah, dan Unsur Forkompimda Kecamatan Sungai Pinyuh. (Ril)

 

Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: