banner 468x60

Pengolahan Hasil Laut di PPN Pemangkat Berdayakan IRT Mampu Ekspor Gurita ke Luar Negeri

  • Bagikan
Pengolahan Gurita di PPN Pemangkat
Ibu rumah tangga membersihkan gurita di lokasi pengolahan ikan PPN Pemangkat, Sabtu (23/10/2021). (Ist)

SAMBAS, insidepontianak.com – Gurita hasil tangkapan nelayan di Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) Pemangkat diolah menjadi bahan baku makanan pokok dan di ekspor ke luar negeri, Sabtu (23/10/2021).

Selama pandemi Covid-19, lokasi pengolahan ikan di PPN Pemangkat terbukti mampu memberikan dampak positif kepada ibu rumah tangga di sekitar Kecamatan Pemangkat, Kabupaten Sambas.

Di lokasi pengolahan ikan PPN Pemangkat, belasan ibu rumah tangga dipekerjakan untuk membersihkan gurita untuk diekspor ke luar negeri seperti Cina dan Malaysia.

Petugas pengelola pengolahan ikan di PPN Pemangkat, Arifin mengatakan, gurita yang didapat dari agen-agen di sekitar kawasan pelabuhan, dibersihkan terlebih dahulu. Kemudian kemas untuk dikirim luar negeri.

“Jadi gurita-gurita yang kita dapatkan dari agen sekitar sini, dibersihkan dulu kotorannya, diolah dan dikemas untuk selanjutnya dikirimkan ke luar negeri, transit dulu ke Jakarta,” katanya.

Arifin mengatakan, dalam dua bulan sekali, mereka bisa mengirim sekitar 15 ton gurita. Dalam sehari jumlah gurita yang diolah di PPN Pemangkat fluktuatif. Maksimal mencapai 1.5 ton.

“Nanti gurita-gurita ini dikirim ke Jakarta lalu ke luar negeri dua bulan sekali. Biasanya sebanyak sekali kirim 15 ton dengan menggunakan kontainer kecil ukuran 20 feet,” ucapnya.

Arifin mengatakan, di lokasi pengolahan ikan binaan PPN Pemangkat itu memang hampir semua pekerja adalah kaum ibu-ibu. Dia sengaja memilih ibu rumah tangga karena ingin memberdayakan mereka di masa pandemi Covid-19.

“Ibu-ibu yang mengerjakannya secara borongan, perhari ada enam orang. Daripada mereka dirumah, duduk-duduk, saya panggil saja untuk bekerja. Jumlah keseluruhan ada 15 orang,” pungkasnya.

Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: