banner 468x60

Yuks Intip Pesona Air Terjun Riam Ampang yang Curi Perhatian Wisatawan

  • Bagikan
Wisata Riam Ampang, Desa Pisak, Kecamatan Tujuh Belas, Kabupaten Bengkayang. Minggu (24/10/2021). Baruna
Wisata Riam Ampang, Desa Pisak, Kecamatan Tujuh Belas, Kabupaten Bengkayang. Minggu (24/10/2021). Baruna

BENGKAYANG, Insidepontianak.com – Kabupaten Bengkayang atau biasa dikenal dengan sapaan Bumi Sebalo merupakan satu dari Kabupaten di Kalbar yang memiliki tempat menarik untuk dikunjungi. Daerah ini terkenal memiliki banyak riam atau air terjun.

Beberapa riam diantaranya yang sering muncul di media sosial, seperti Riam Parangek, Riam Merasap, Riam Berawant, Riam Jugan dan masih banyak riam lainnya. Yang membuat para pengunjung kerap mengunggah foto maupun video ketika berkunjung ke sana.

Tak hanya itu, di Kabupaten Bengkayang juga memiliki riam dengan air terjun yang memanjakan mata saat memandangnya. Riam Ampang misalnya.

Riam Ampang terletak di Dusun Dawar, Desa Pisak, Kecamatan Tujuh Belas. Meskipun lokasinya lumayan jauh dibanding riam yang lainnya. Dan akses jalan yang cukup terjal.

Keistimewaan riam ini adalah memiliki air yang sangat jernih, dan debit air yang mengalir sangat deras, membuat keasrian alam yang sangat murni.

Salah satu wisatawan lokal, Riki mengatakan, dirinya baru pertama kali mengunjungi wisata Riam Ampang tersebut.

Menurutnya, riam tersebut memiliki keunikan tersendiri dari riam yang pernah ia kunjungi selama ini. Pasalnya, saat hendak ingin memasuki lokasi Riam Ampang.

Wisatawan akan dihadapkan dengan suara debit air terjun yang kencang, bak berada di dalam hutan yang sangat asri. Kicauan burung dan hewan lainnya sangat banyak. Sehingga memadukan nada yang sangat jarang didengar oleh masyarakat kota.

“Riam Ampang ini sangat rekomendasi bagi para wisatawan yang ingin merasakan sensasi keasrian air terjun yang masih alami,” katanya, saat diwawancarai, Minggu (24/10/2021).

Katanya, air terjun Riam Ampang ini yang memiliki ketinggian diatas 10 meter, memiliki kolam yang bisa dimanfaatkan untuk bermain air dan berenang oleh pengunjung. Dan berbeda dengan dengan riam kebanyakan yang sering keruh di musim penghujan. Namun tidak untuk Riam Ampang yang tetap jernih.

Riki menambahkan, untuk wisatawan yang ingin melakukan camping juga sangat direkomendasikan di Riam Ampang, karena riam tersebut memiliki area yang cukup luas dan strategis untuk melakukan perkemahan melengkapi kesempurnaan wisatawan saat ingin menikmati alam.

“Bagi yang ingin melakukan camping, juga disarankan agar pandai memilih cuaca, dan membawa persediaan makanan yang memadai,” pungkasnya.

Ucapnya, kedepan wisata tersebut mestinya mendapat perhatian dari pihak pengelola, baik itu BUMdes maupun Pokdarwis setempat. Agar destinasi wisata tersebut termaksimalkan dan menarik pengunjung dari dalam dan luar Kabupaten Bengkayang.

Sementara itu, untuk wisatawan yang ingin berkunjung ke Riam tersebut, cukup mengeluarkan uang Rp 10 ribu rupiah untuk uang masuk dan parkir motor di pos penjagaan. Dan para wisatawan untuk dapat menjaga kebersihan setelah berkunjung.

Untuk para wisatawan ingin melakukan perjalanan kesana diharapkan membawa teman atau warga lokal yang paham akan rute perjalanan, agar perjalanan kalian tetap menyenangkan. (Baruna)

 

Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: