banner 468x60

ICCN Perkuat Jejaring Komunitas Kreatif

  • Bagikan
Rakornas Indonesia Creative Cities Network (ICCN) tahun 2021, di Balairung Kantor Wali Kota Singkawang, Jumat (22/10/2021) lalu. (Istimewa)

SINGKAWANG, insidepontianak.com – Pelaksanaan Rakornas Indonesia Creative Cities Network (ICCN) tahun 2021 menjadi sejarah bagi kota Singkawang sebagai tuan rumah dalam acara ‘Singkawang Creative Night’ yang digelar di Balairung Kantor Wali Kota Singkawang, Jumat (22/10/2021) lalu.

Wali Kota Singkawang Tjhai Chui Mie menyambut baik rangkaian kegiatan Rakornas ICCN tahun 2021 ini. Ia berharap kegiatan ini dapat menjadi pertanda baik akan datangnya hal-hal positif terhadap pembangunan kota Singkawang terutama di bidang ekonomi kreatif.

Tjhai Chui Mie percaya para pelaku ekonomi kreatif (ekraf) kota Singkawang menjadi lebih bersemangat dalam menuangkan kreatifitasnya, sehingga memiliki daya saing dan terlindungi oleh badan hukum. Dari data Disparpora kota Singkawang, tercatat 1680 pelaku ekraf kota Singkawang yang telah terdata, baik perseorangan maupun kelompok.

Singkawang Creative Hub menjadi salah satu wadah bagi para pelaku ekraf kota Singkawang yang mendukung terciptanya pertumbuhan dan perkembangan ekosistem ekonomi kreatif di kota Singkawang.

Tjhai Chui Mie berharap agar nantinya kota Singkawang mendapatkan predikat sebagai kota Kreatif. Dimana sebelumnya, Singkawang telah mendapatkan beberapa predikat sebagai kota wisata, kota pusaka, dan kota toleran.

“Saya sangat mengapresiasi diadakannya kegiatan Rakornas ICCN tahun 2021 ini dimana kota Singkawang menjadi salah satu tuan rumah. Tentu, besar harapannya melalui pelaksanaan serangkaian kegiatan Rakornas di kota Singkawang ini bisa membawa dampak positif sehingga mendapatkan predikat kota Kreatif,” ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, Ketua umum ICCN Tubagus Fiki Chikara Satari mengaku kagum menyaksikan representasi kebudayaan Indonesia di kota Singkawang melalui kegiatan ‘Singkawang Creative Night’. Ia mengaku optimis pergerakan Indonesia Kreatif dapat digerakkan dengan diselenggarakannya Rakornas ICCN tahun 2021 di kota Singkawang.

Ia mengatakan Rakornas ICCN ini merupakan salah satu agenda nasional yang memperkuat jejaring komunitas kreatif se-Indonesia. Komunitas ini merupakan bagian dari masyarakat madani yang bisa menjadi mitra bisnis bagi Pemerintah dalam meningkatkan perekonomian daerah, sehingga mendorong terwujudnya Kota Kreatif Nasional.

“Kami terus mendorong 514 Kabupaten/Kota di Indonesia untuk menunjukkan kreatifitasnya melalui kearifan budayanya masing-masing, termasuk salah satu kota Singkawang. ICCN juga selalu siap untuk selalu mendukung jejaring kami untuk mendorong agar Singkawang menjadi Kota Kreatif Nasional sehingga festival ataupun event kreatif di Singkawang masuk dalam Kalender Event Nasional,” ujar Fiki. (Ril)

 

Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: