banner 468x60

Mau Tahu Normalnya Manusia Buang Air Besar? Begini Jawaban Para Ahli

  • Bagikan
Ilustrasi buang air besar (Shutterstock)
Ilustrasi buang air besar (Shutterstock/suara.com)

PONTIANAK, insidepontianak.com – Jika Anda menganggap informasi ini penting sebaik dibaca hingga tuntas soal masalah pencernaan dan buang air besar.

Faktanya kebiasaan buang air besar merupakan hal penting. Sebab, dari hal ini Anda dapat mengidentifikasi kondisi kesehatan pencernaan Anda sehingga tidak terlambat untuk pergi ke dokter.

Sebenarnya, tidak ada jumlah khusus untuk seberapa sering seseorang buang air besar. Sebab, setiap orang memiliki kondisi yang berbeda.

“Pergerakan usus normal (atau buang air besar) umumnya dianggap sampai tiga kali sehari, dan jika jarang, tiga kali seminggu,” jelas Direktur Medis Senior Gastroenterologi, Jesse P. Houghton, MD, FACG, di SOMC Gastroenterology Associates, dikutip Suara.com

Apabila buang air besar lebih dari tiga kali sehari atau kurang dari tiga kali seminggu juga masih normal, lapor Insider.

Tetapi, Anda juga harus memperhatikan faktor lain dari kebiasaan buang air besar Anda.

Ahli gastroenterologi Ashkan Farhadi, MD, di MemorialCare Orange Coast Medical Center, mengatakan bahwa kondisi Anda normal apabila saat buang air besar Anda merasa seperti mengosongkan isi perut dan kotoran berbentuk padat, tidak diare.

Apabila buang air besar Anda tidak teratur, Anda bisa melakukan beberapa hal ini:

Meningkatkan asupan serat
Mengonsumsi probiotik
Minum banyak air
Berolahraga

Jadi, frekuensi buang air besar yang ‘normal’ setiap orang itu berbeda, tetapi rerata orang cenderung melakukannya tiga kali sehari hingga tiga kali seminggu.

Ketahui apa yang normal bagi Anda, sehingga Anda dapat mengetahui bila ada perubahan yang terjadi dan pastikan untuk menemui dokter apabila merasakan perubahan drastis dalam kebiasaan buang air besar Anda.

Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: