banner 468x60

Pameran Museum Kalbar di Bengkayang Curi Perhatian Pelajar

  • Bagikan
Pameran Museum Keliling Kalbar di Rumah Adat Ramin Bantang, Kabupaten Bengkayang
Pameran Museum Keliling Kalbar di Rumah Adat Ramin Bantang, Kabupaten Bengkayang, Selasa (26/10/2021). (Teguh Angung Baruna/Insidepontianak.com).

BENGKAYANG, insidepontianak.com – Pameran keliling mengenal Museum Provinsi Kalimantan Barat diselenggarakan di Rumah Adat Ramin Bantang Kabupaten Bengkayang, Selasa (26/10/2021). Pameran itu berhasil mencuri ratusan pelajar Bengkayang.

Pameran keliling yang dibuka mulai Selasa, hingga Sabtu 30 Oktober 2021 itu menggelar benda peninggalan sejarah Kalimantan Barat. Mulai dari buku-buku, patung, keramik, alat musik, senjata, foto dan barang-barang antik terdahulu, beserta makna dan filosofinya. Ratusan pelajar pun antusias berbondong-bondong mengunjungi pameran di Rumah Adat Ramin Bantang.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Bengkayang, Pinus Samsudin mendukung dan mengapresiasi terselenggaranya kegiatan pameran museum keliling itu.

Menurutnya, pameran benda bersejarah sangat penting untuk dunia pendidikan. Khususnya para pelajar agar mengetahui catatan sejarah masa lalu.

“Pameran benda bersejarah ini sangat penting. Agar para generasi muda tak lupa sejarah dan peninggalan bangsanya sendiri,” katanya.

Asisten I Setda Kabupaten Bengkayang, Yohanes Atet mengatakan, Pemerintah Kabupaten Bengkayang menyambut baik kegiatan tersebut. Museum keliling bisa menjadi wadah mengenalkan generasi muda tentang sejarah.

“Harapan kita, dengan adanya pembukaan museum keliling ini, dapat memberikan motivasi agar Kabupaten Bengkayang juga bisa memiliki dan mendirikan museum untuk memyimpan barang bersejarah dari orang terdahulu,” ujarnya.

Yohanes berharap, masyarakat terutama generasi muda memanfaatkan momentum kegiatan pameran museum keliling itu untuk menambah wawasan mengenal sejah-sejarah yang ada di Kalbar.

Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: