banner 468x60

Tingkatkan Kompetensi Guru dalam Penulisan Karya Tulis Ilmiah, Prodi PPKn Gelar PKM

  • Bagikan
pelatihan penulisan karya tulis ilmiah
Program strudi PPKn IKIP-PGRI Pontianak gelar seminar pelatihan penulisan karya tulis ilmiah, Jumat (1/10/2021). (Ist)

PONTIANAK, insidepontianak.com –  Program Studi (Prodi) Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) IKIP-PGRI Pontianak, melaksanakan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) di SMP Islam Tahfizul Quran Kabupaten Kubu Raya, Jumat (1/10/2021).

Kegiatan ini memfokuskan pelatihan dan pendampingan penulisan karya tulis ilmiah kepada para guru berbasis penelitian tindakan kelas.

“Kegiatan ini bertujuan meningkatkan kompetensi guru dalam penulisan karya tulis ilmiah berbasis penelitian tindakan kelas,” kata Ketua Prodi PPKn, M. Anwar Rube’i, Jumat (1/10/2021).

Anwar mengatakan, guru merupakan pendidik profesional. Tugasnya tak hanya mencerdaskan anak bangsa dan hanya berkonsentrasi pada tugas utamanya mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai dan mengevaluasi. Tetapi, juga harus melakukan pengembangan keprofesian berkelanjutan (PKB). Salah satunya  publikasi karya tulis ilmiah berupa penelitian tindakan kelas. Hal tersebut akan berimplikasi pada perolehan angka kredit untuk kenaikan pangkat atau jabatan fungsional.

Namun, prakteknya, masih dijumpai permasalahan yang dihadapi guru dalam menulis karya tulis ilmiah. Pertama, rendahnya motivasi dan atmosfir akademik untuk menulis karya tulis ilmiah. Kedua, rendahnya keterampilan guru  memahami  bidang penelitian tindakan kelas dan publikasi ilmiah. Ketiga, rendahnya keterampilan guru  menyusun karya tulis ilmiah dan mempublikasikan.

“Menyadari hal tersebut maka kita (Prodi PPKn)  melaksanakan pengabdian pada masyarakat,” terangnya.

Sementara itu, Ketua Tim PKM, Hema Fitria mengatakan, ada beberapa manfaat yang dapat diperoleh guru dengan mengikuti kegiatan ini. Selain menjadi bekal wawasan untuk  meningkatkan kualitas pembelajaran dan mutu pendidikan. Kegiatan ini juga membantu guru dalam persiapan memperoleh sertifikasi serta persiapan bagi guru yang hendak mengajukan kenaikan jabatan fungsional.

“Dalam penulisan karya ilmiah ini,  guru-guru dilatih untuk dapat membuat Penelitian Tindakan Kelas (PTK),” jelasnya.

Adapun alur pendampingan dalam penulisan karya ilmiah didahului dengan memilih judul PTK, sesuai dengan permasalahan dari bidang studi masing-masing. Setelah itu para guru dilatih membuat tahapan PTK sesuai dengan teori-teori yang sudah diberikan sebelumnya.

“Setelah itu peserta  dapat membuat laporan lengkap PTK, dan hasilnya dapat dimanfaatkan,” terangnya.

Untuk diketahui, setelah kegiatan ini juga diadakan (MoU) antara Prodi PPKn dengan sekolah SMP Islam Tahfizhul Quran. Tim pelaksana PKM Prodi PPKn diantaranya M. Anwar Rubei, M.Pd, Dr.Hema Fitria, M.Pd, Rohani, M.Pd, Syarif Firmansyah, M.Pd serta beberapa mahasiswa.

Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: