banner 468x60

Biar Kamu Fokus, Lakukan 5 Tips Ini

  • Bagikan
Jika ingin fokus bekerja lakukan hal-hal berikut ini. suara.com
Jika ingin fokus bekerja lakukan hal-hal berikut ini. suara.com

PONTIANAK, insidepontianak. com – Kamu sering susah fokus saat mengerjakan sesuatu? Terkadang, kita berniat untuk mengerjakan sesuatu dengan fokus dan memiliki harapan agar sesuatu yang kita kerjakan dapat berhasil dengan maksimal.

Seperti berniat mengerjakan tugas dari guru atau dosen, tapi di tengah-tengah kita terganggu dan terkecoh dengan hal-hal lain, yang berujung tugas tersebut terbengkalai dan tidak selesai.

Nah, Suara.com merangkum 5 tips berikut mungkin bisa membantumu untuk tetap fokus saat menyelesaikan atau mengerjakan sesuatu.

1. Matikan ponsel

Salah satu interupsi terbesar saat melakukan suatu kegiatan atau pekerjaan adalah notifikasi dari ponsel. Saat sedang fokus mengerjakan sesuatu, masuk sebuah notifikasi entah itu pesan atau panggilan dan lain-lain.

Ketika ponsel sudah berdering, otomatis tingkat kefokusan kita akan berkurang. Kita bisa saja menganggap itu tidak penting, tapi tetap saja rasanya tangan kita gatal jika tidak membukanya.

Salah satu tips untuk menghindari godaan membuka ponsel adalah dengan menjauhkan keberadaan ponsel dari jangkauan kita. Coba sembunyikan ponsel di tempat yang tidak terlihat oleh kita.

Jika khawatir ada panggilan atau pesan mendesak dan penting, kita bisa mengumumkan sesuatu bahwa kita sedang tidak bisa dihubungi di status WhatsApp dan sejenisnya, sehingga jika memang ada pesan penting, mereka yan berkepentingan akan menghubungi ulang di lain waktu.

2. Atur waktu

Terlalu fokus mengerjakan sesuatu selama berjam-jam juga tidak baik. Kita harus pandai memahami pola kerja otak kita, kapan kita bisa fokus, kapan kita perlu istirahat sejenak.

Atur waktu 30 menit untuk benar-benar fokus dan mengabaikan segala interupsi di sekitar, lalu 5 menit setelahnya istirahatkan otak dan pikiran.

Jeda 5 menit ini juga bisa digunakan untuk mengecek ponsel, tapi ingat, harus disiplin saat 5 menit istirahat berakhir, harus segera kembali fokus.

Tidak bisa lepas dari ponsel? Tanamkan dalam pikiran jika tugas atau pekerjaan yang kita kerjakan deadline-nya sebentar lagi, walaupun kenyataannya deadline-nya masih beberapa hari lagi. Inilah pentingnya menanamkan kedisiplinan pada diri sendiri.

3. Persiapkan kebutuhan

Saat sedang fokus mengerjakan sesuatu lalu tiba-tiba kita merasa haus, padahal kita baru saja berhasil fokus, tidak ada pilihan lain selain mengambil air minum entah di dapur atau di tempat lain, dan berujung kita kehilangan fokus saat kembali berhadapan dengan tugas yang sedang dikerjakan.

Sebelum mulai mengerjakan sesuatu, cobalah untuk mempersiapkan hal-hal yang dirasa perlu berada di jangkauan kita, seperti misalnya botol minum berisi air putih agar kita tidak perlu beranjak dari kursi atau tempat saat sedang kehausan.

Persiapkan barang-barang yang memang diperlukan untuk menunjang selesainya tugas. Ketika mengerjakan tugas yang memerlukan penggaris, busur, jangka, atau apapun, letakkan barang-barang tersebut di area jangkauan kita.

Usahakan juga barang-barang itu tersusun rapi, karena sesuatu yang berantakan akan membuat kita tidak mood.

4. Buat target

Tugas yang akan dikerjakan terlalu banyak dan tidak mungkin selesai dalam satu waktu? Atur target yang ingin dicapai, misalnya mengerjakan minimal sampai 30%, lalu sisanya dikerjakan di lain kesempatan. Kita harus benar-benar berpegang pada target yang sudah kita buat sendiri.

Kita bisa menuliskan target tersebut di post it lalu menempelkannya di tembok depan kita, dengan demikian kita jadi mempunyai tujuan yang jelas serta tidak mudah tergoda pada interupsi.

Hal ini hanya bisa dilakukan jika tugas yang diberikan memiliki tenggat waktu yang lumayan banyak. Inilah pentingnya mengerjakan tugas di awal waktu, sehingga kita bisa mengatur waktu dan menyesuaikan dengan kapasitas kita dalam mengerjakannya.

5. Buat reward

Berhasil mengerjakan tugas dalam tenggat waktu tertentu dan target telah tercapai? Penting kiranya untuk menghargai hasil jerih payah kita sendiri.

Reward bisa dalam bentuk yang sangat sederhana seperti beristirahat sejenak berbaring di tempat tidur, membeli makanan atau minuman favorit dari layanan pesan antar, atau sekadar menonton video favorit kita di youtube.

Reward yang kita berikan ke diri sendiri adalah sebagai bentuk terima kasih kita karena telah berhasil menaklukan diri sendiri.

Semoga tips di atas dapat membantumu untuk tetap fokus dan semangat, ya! Selamat mengerjakan tugas!

Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: