banner 468x60

Manfaat Saffron untuk Kecantikan, Bisa Hilangkan Noda Hitam Lho

  • Bagikan
Saffron, rempah termahal di dunia. (Pixabay/Xtendo)
Saffron, rempah termahal di dunia. (Pixabay/Xtendo/suara.com)

PONTIANAK, insidepontianak.com – Saffron memang dikenal memiliki berbagai manfaat bagi kulit wajah. Tanaman yang memiliki nama latin Crocus sativus L ini memiliki kandungan vitamin dan antioksidan yang baik untuk perbaikan sel kulit wajah.

Nah, buat kamu yang pengen coba khasiat ampuh dari saffron, yuk simak artikel ini!

Berikut 7 manfaat saffron untuk kecantikan wajah, glowing seketika yang dikutip Suara.com.

1. Meredakan iritasi kulit

Kandungan crocetin, crocin, serta kaempferol pada saffron dapat membantu meredakan radang pada kuli wajah.

Beberapa penelitian telah membuktikan bahwa berbagai jenis antioksidan tersebut dapat mengurangi ruam, iritasi, serta pembengkakan kulit wajah.

2. Menghilangkan bekas jerawat

Penggunaan saffron beserta susu rupanya mampu membersihkan jerawat pada wajah. Caranya, rendam 4 helai saffron dalam susu, kemudian diamkan selama 2 jam supaya saffron meresap.

Setelah itu, lulurkan campuran tersebut pada bagian wajah dan leher, dan diamkan selama 15 menit sebelum dibilas.

Ulangi melakukan hal tersebut setidaknya 3-4 kali dalam seminggu untuk mempercepat kulit menjadi bersih.

3. Mencerahkan kulit wajah

Kulit wajah cerah alami menjadi dambaan setiap orang dan salah satu cara untuk mewujudkannya bisa dengan menggunakan saffron secara rutin.

Caranya, campurkan beberapa helas saffron dengan satu sendok teh susu bukan hasil pasteurisasi, dan satu sendok teh air lemon. Diamkan selama satu jam supaya saffron meresap bahan lainnya.

Oleskan saffron ke seluruh wajah dan diamkan selama 5 menit. Setelah itu, sirkulasi kulit akan menjadi lebih lancar sehingga kulit tampak bercahaya.

4. Mengatasi mata panda

Mata lelah akibat kurang tidur memang kadang mengurangi rasa percaya diri. Nah, untuk mengatasi mata panda ini kamu bisa menggunakan saffron yang telah direndam dalam 2 sendok air.

Setelah itu, cukup diamkan selaman, haluskan saffron dengan air rendaman, kemudian oleskan di area kantung mata dan diamkan selama 20 menit.

Terakhir bilas dengan air bersih, dan lakukan secara teratur

5. Melembabkan kulit

Perpaduan susu dengan saffron memang tidak ada habisnya, salah satunya untuk mengatasi masalah kulit kering dan kusam.

Cara membuat masker ini pun cukup mudah. Campurkan 5 helai saffron dengan 2 sendok makan susu bubuk serta seperempat air bersih, campurkan keduanya hingga berbentuk pasta.

Oleskan secara menyeluruh ke kulit wajah, kemudian tunggu selama 15 menit. Bilas masker saffron dan gunakan masker ini setidaknya 2 kali dalam satu minggu.

6. UV protector

Kandungan senyawa kaempferol serta quercetin pada saffron dipercaya mampu melindungi wajah dari paparan sinar ultraviolet.

Paparan sinar matahari di siang hari seringkali membuat kulit kusam serta kering, sehingga kulit wajah perlu diberi perlindungan.

7. Mengurangi noda hitam

Noda hitam pada wajah seringkali mengurangi rasa percaya diri. Untuk menguranginya, kamu bisa memanfaatkan bunga saffron.

Caranya, campurkan 3 helai saffron dengan 1 sendok madu, oleskan pada wajah sambil memijat perlahan, diamkan selama beberapa menil, lalu bilas dengan air bersih.

 

 

Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: