Pemkab Sanggau Kembali Raih Peringkat Pertama sebagai Badan Publik Informatif atas Keterbukaan Informasi

  • Bagikan
Pemkab Sanggau Kembali Raih Peringkat Pertama sebagai Badan Publik Informatif atas Keterbukaan Informasi.(Istimewa)

SANGGAU, insidepontianak.com – Pemerintah Kabupaten Sanggau kembali meraih peringkat pertama kualifikasi informatif atas keterbukaan informasi badan publik se-Kalimantan Barat tahun 2021, kategori pemerintah kabupaten/kota se-Kalimantan Barat, di Balai Petitih Kantor Gubernur Kalbar, Kamis (11/11/2021).

Bupati Sanggau Paolus Hadi menyampaikan Kabupaten Sanggau kembali mengukir sejarah, Pemerintah Kabupaten Sanggau meraih peringkat pertama kualifikasi informatif badan publik se-Kalbar.

“Tentu ini kerja keras dari kita semua dari unsur pemerintahan dan juga dukungan dari masyarakat,” kata PH sapaan akrab Bupati Sanggau.

Bupati Sanggau, Paolus Hadi mengatakan tentu banyak kriteria yang dinilai. Pada tahun 2019 Kabupaten Sanggau meraih peringkat pertama, pada tahun 2020 berada di peringkat kedua.

“Puji tuhan di tahun 2021 ini kita masih bisa naik lagi peringkat pertama,” ujarnya.

Menurutnya, tentu banyak tantangan setelah memperoleh peringkat ini, mempertahankan prestasi tentu tidak gampang, apalagi memastikan seluruh kriteria yang dipersyaratkan agar bisa dikatakan Kabupaten terinformatif ini harus terus dipacu.

“Artinya peringkat pertama belum tentu sempurna, untuk itulah kita terus memastikan seluruh kriteria kita penuhi,” ujar Paolus Hadi.

Ia menambahkan, salah satu yang penting adalah bagaimana menjadi kabupaten terinformatif ini sampai ke tingkat desa. Untuk itu Pemerintah Kabupaten Sanggau juga mendorong agar 163 desa dan 6 kelurahan di Kabupaten Sanggau, bisa melakukan banyak hal yang berkaitan dengan keterbukaan informasi. Seluruh aspek pembangunan ada di desa dan pemerintah desa juga mengelola keuangannya. Kemudian masyarakat desa ingin memperoleh informasi soal pembangunan, termasuk di dalamnya pengelolaan keuangan.

“Perencanaan yang baik memastikan masyarakat bisa mendorong agar daerahnya cepat maju,, apabila ada kritik-kritik atau ada hal-hal yang ingin disampaikan kita membuat ruangnya. Pelan-pelan kita penuhi apa yang menjadi kriteria,” katanya.

Selanjutnya untuk OPD, Pemkab Sangau terus mengembangkan agar informasi juga dimiliki oleh masyarakat. Dengan kembali meraih peringkat pertama, ini merupakan perjuangan bersama.

“Sekali lagi Sanggau bangga mengukir sejarah (Sabang Merah) karena kita berani membuka diri untuk menjadi terinformatif,” tutupnya. (Ril)

 

Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: