Yuks Mulai Jadikan Internet sebagai Alat untuk Kebaikan Sosial

  • Bagikan
Jadikan internet untuk kebaikan sosial. Suara.com
Jadikan internet untuk kebaikan sosial. Suara.com

PONTIANAK, insidepontianak.com – Kemajuan teknologi digital yang terjadi saat ini sangat signifikan. Manfaatnya sangat terasa, yaitu menghubungkan orang per orang dengan sangat cepat, walau keduanya tinggal di belahan Bumi yang berbeda.

Milenial bisa dikatakan sebagai generasi yang sangat beruntung, karena didukung oleh kemudahan komunikasi, salah satunya dalam bentuk internet.

Menurut WikiPedia, internet merupakan singkatan dari interconnected network, yang artinya jaringan yang saling berhubungan.

Kecepatan internet dalam memberikan layanan digital secara cepat direspons milenial dengan positif. Dilansir dari kominfo.go.id, Ericsson pernah mengadakan penelitian terhadap perilaku milenial terhadap internet, disebutkan bahwa jumlah remaja yang mengonsumsi layanan streaming video kian tak terbendung.

Aktivitas milenial ini merupakan fakta bahwa teknologi membuat milenial mengandalkan media sosial sebagai tempat mendapatkan informasi. Tak heran jika milenial juga sering disebut sebagai generasi internet.

Internet sebagai Alat untuk Kebaikan Sosial

Kekuatan internet sepertinya tidak terbatas. Generasi milenial bisa mengembangkan kemampuan mereka, tak hanya sekadar menjadi penonton, tapi juga bisa bersosialisasi dengan teman sebayanya di berbagai belahan Bumi.

Melalui media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter dan lainnya, seseorang bisa saling melemparkan “keinginan untuk berteman” hingga kemudian mengembangkan komunikasi yang intens antara satu dengan lainnya.

Dengan saling bertukar pikiran, berbagai kegiatan positif bisa dilakukan melalui internet. Ketika satu teman membutuhkan pertolongan, maka seorang lainnya akan membantunya, walau tanpa harus bertatap muka.

Internet tak saja merupakan alat sekadar berkenalan, bercerita, tapi juga mampu menjadi alat untuk memberi dukungn dan simpati pada teman-teman yang terpisah jarak.

Menurut www.dosomething.org, internet memiliki kekuatan untuk bisa menggalang simpati dan dukungan pada seseorang atau bahkan komunitas tertentu.

Adapun 3 manfaat internet bagi kaum muda dan lingkungannya dikutip Suara.com:

1. Tempat mencari dukungan

Internet dapat membuka peluang untuk menawarkan dukungan kepada teman dan keluarga yang mungkin mengalami masalah tertentu.

Bahkan bagi sebagian anak muda, internet memungkinkan mereka untuk mencari dukungan yang tepat jika mereka mengalami sesuatu yang tidak dapat mereka bicarakan dengan orang-orang terdekat mereka.

2. Kampanye untuk kebaikan sosial

Media sosial dapat membantu kaum muda meningkatkan kesadaran tentang penyebab tertentu dari sebuah kasus dan membuat mereka mampu mencari solusi bagi kasus tersebut, dengan menyebarluaskannya lewat internet. Fasilitas ini juga memungkinkan orang muda untuk bisa saling bertukar pikiran, walau mereka terpisah oleh jarak.

3. Menghapus batasan untuk mengembangkan koneksi

Media sosial mampu menghilangkan batas-batas, dan bahkan mampu membentuk ikatan di luar batas.

Bagi mereka yang memiliki disabilitas atau mungkin tidak merasa dapat terhubung dengan orang lain dalam komunitas mereka, internet bisa menjadi cara terbaik untuk terhubung dengan orang lain, dengan cara berbagi ide dan berbagi minat yang sama.

Tentu ketiga kekuatan internet ini harus dibarengi dengan kesadaran bahwa internet hanya dimanfaatkan dengan cara yang positif. Berselancarlah hanya di website-website yang bermanfaat, berteman dengan orang-orang positif, dan saling berbagi informasi melalui kekuatan internet, sebab #KitaSahabatdiInternet,#MakinCakapDigital

 

 

Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: