Diskominfo Sanggau Sosialisasikan Pemberdayaan Kelompok Informasi Masyarakat

  • Bagikan
Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Sanggau, Joni Irwanto membuka kegiatan sosialisasi pemberdayaan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) di Kabupaten Sanggau Tahun 2021, di Aula Bappeda Kabupaten Sanggau, Kamis (18/11/2021). (Diskominfo Sanggau)

SANGGAU, insidepontianak.com – Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Sanggau, Joni Irwanto membuka kegiatan sosialisasi pemberdayaan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) di Kabupaten Sanggau Tahun 2021, di Aula Bappeda Kabupaten Sanggau, Kamis (18/11/2021).

Kegiatan itu mengusung tema ‘Pemberdayaan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) lahirkan masyarakat cerdas informasi’.

Hadir dalam kesempatan tersebut Plt. Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik Dinas Kominfo Kabupaten Sanggau Ishak, Kasi Pengelolaan Komunikasi Publik Dinas Kominfo Kabupaten Sanggau, Emelia Agustina Lusy, serta Ketua pengurus KIM kecamatan se-Kabupaten Sanggau.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Sanggau, Joni Irwanto menyampaikan terimakasih kepada Ketua Pengurus KIM kami yang turut hadir pada kegiatan itu.

“Semoga menjadi momentum terbaik terutama dalam pengelolaan komunikasi publik di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sanggau hingga ke desa sebagai kontribusi dalam pelaksanaan pembangunan berupa penyebarluasan informasi dari oleh dan untuk masyarakat,” ujar Joni.

Joni mengatakan, sejak terbitnya Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik, pemerintah daerah juga mengemban tugas untuk mengelola sistem informasi daerah, karena hal ini dipandang sangat penting dalam mendukung pembangunan di daerah khususnya di Kabupaten Sanggau. Memperhatikan hal tersebut, maka Pemerintah Kabupaten Sanggau melalui Dinas Kominfo Kabupaten Sanggau perlu melakukan sosialisasi pemberdayaan kelompok informasi masyarakat di Kabupaten Sanggau.

Joni Irwanto menambahkan, Dinas Kominfo Kabupaten Sanggau telah melaksanakan beberapa program untuk menciptakan masyarakat yang sadar informasi, artinya bagaimana masyarakat Sanggau dapat menyadari bahwa informasi merupakan bagian terpenting dalam tatanan kehidupan termasuk dalam pelaksanaan pemerintahan dan pembangunan, dalam istilah lain dapat disebut sebagai masyarakat yang cerdas informasi.

“Upaya yang dilakukan diantaranya adalah dengan menumbuhkembangkan jaringan informasi, yaitu dengan membentuk lembaga-lembaga komunikasi masyarakat, diantaranya adalah KIM,” ujarnya.

Ia menjelaskan, Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) adalah lembaga layanan publik yang dibentuk dan dikelola dari, oleh dan untuk masyarakat yang berorientasi pada layanan informasi dan pemberdayaan masyarakat sesuai dengan kebutuhan kelompok dan masyarakatnya dalam rangka meningkatkan nilai tambah yang berbasis di desa dan kecamatan.

“Menyampaikan dan menerima informasi tentang perkembangan pembangunan di Kabupaten Sanggau. Diharapkan melalui pemberdayaan ini baik secara kelompok maupun individu masyarakat dapat menambah pengetahuan dan meningkatkan wawasan demi mewujudkan kualitas hidup masyarakat yang lebih baik,” katanya. (Ril)

Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: