Wahai Calon Pengusaha Sukses? Perhatikan Hal ini Sebelum Ambil Resiko

  • Bagikan

PONTIANAK, insidepontianak.com – Wahai calon pengusaha sukses pastinya butuh perjalanan dan pengalaman panjang. Bahkan, prosesnya seringkali tidak mudah dan instan.

Umumnya, akan ada rintangan dan tantangan yang perlu dihadapi bagi seorang pengusaha yang sedang merintis bisnis nya. Hal itu salah satunya diungkapkan oleh Chief Marketing Officer Ninja Xpress Andi Djoewarsa, dalam acara Press Conference Jobstreet, dikutip Suara.com, Rabu (17/11/2021).

“Untuk menjadi pengusaha aja modal berani itu belum cukup. Jadi yang pertama itu perlu modal,” ungkapnya.

Ketika seorang pengusaha butuh modal dalam membangun bisnis nya, Andi mengatakan perlu siapkan modal kegagalan. Sebab, menjadi pengusaha harus terima risikonya.

“Pada saat terjun ke dunia bisnis, ada banyak tantangan yang mesti dilewati. Selain butuh modal untuk memulai, kita harus persiapkan modal untuk kegagalan. Bukan gulung tikar, tapi ini akan membuat kita belajar lebih banyak, salah satunya improvisasi dan perubahan,” lanjut Andi.

Untuk menjadi seorang pengusaha, Andi mengatakan perlu beberapa hal yang harus dilakukan bagi calon pengusaha.

Pertama, perlu adanya akses permodalan. Seorang pengusaha perlu memiliki akses modal sebagai jalan pembuka dalam membangun bisnis atau usaha.

Kedua, perlu pelajari kemampuan sales dan marketing. Seorang pengusaha juga perlu pelajari hal ini. Terutama ketika saat memasarkan produk yang dihasilkan kepada pasar.

Ketiga, Andi mengatakan, seorang pengusaha juga perlu belajar tentang distribusi atau logistik.

Dan terakhir perlu pengembangan SDM, salah satunya mampu memberikan lapangan pekerjaan bagi orang lain, meningkatkan kualitas karyawan, serta membangun loyalitas untuk kemajuan bisnis.

 

 

Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: