Diduga Komunikasi Buruk, APBD Kayong Utara 2022 Terancam Tak Disahkan?

  • Bagikan
Wakil Ketua DPRD Kayong Utara Abdul Samad,
Wakil Ketua DPRD Kayong Utara Abdul Samad, Ist

KAYONG UTARA, insidepontianak.com – Beredar kabar DPRD Kabupaten Kayong Utara tak akan mengesahkan APBD Kabupaten Kayong Utara di tahun 2022 ini.
Kabar yang menyebar di kalangan legislatif dan eksekutif menggarisbawahi soal buruknya komunikasi kedua lembaga itu.

Wakil Ketua DPRD Kayong Utara Abdul Samad, saat dikonfirmasi menjelaskan persoalan tersebut. Ia tak menampik akan ada penolakan sejumlah fraksi saat rapat paripurna berikutnya jika tidak ada kesepakatan.

Ia pun masih akan melihat pandangan fraksi dalam menentukan pengesahan APBD tahun 2022.

“Kalau tentang APBD disahkan atau tidak tergantung dalam kesepakatan fraksi. Jika tidak ada kesepakatan, kemungkinan besar DPRD ada beberapa Fraksi akan menolak dan tidak mengesahkan APBD Tahun 2022. Namun, Badan Anggaran sesuai tahapan tetap akan kami laksanakan, baik pembahasan APBD tahun 2022 dan akan rapat finalisasi APBD tahun 2022,” tuturnya, Kamis (18/11/2021).

Diakuinya, sejumlah anggota DPRD Kayong Utara kecewa mengenai sejumlah kebijakan pemerintah. Sebagai perpanjang tangan masyarakat, program yang digaungkan pemerintah Kayong Utara serapan anggaran APBD tahun 2021 masih rendah. Akibatnya, ini berdampak kepada pembangunan daerah.

“DPRD akan menanyakan dalam pembahasan RAPBD tahun anggaran 2022 kepada setiap dinas. Jika akhir Desember belum juga terealisasi, berarti dinas terkait tidak ada kemampuan,” tegasnya.

Selain itu, Ketua DPD Partai Golkar Kayong Utara ini juga mengkritisi Sistem Informasi Pembangunan Daerah (SIPD).

Menurutnya, banyak kelemahan di dalam SIPD ini, sehingga dirinya bersama beberapa rekan di DPRD Kayong Utara, termasuk Ketua DPRD Kayong Utara Sarnawi berangkat ke Jakarta untuk melakukan koordinasi ke pemerintah pusat. (Fauzi)

Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: