Semarakkan PKN 2021 Disdikbud Sanggau Gelar Nobar dan Diskusi Budaya

  • Bagikan
Nobar pembukaan Pekan Kebudayaan Nasional (PKN) 2021 oleh Presiden Joko Widodo dan Diskusi Budaya bersama para pelaku budaya di halaman Istana Surya Negara Sanggau, Jumat (19/11/2021) malam. (Ist)

SANGGAU, insidepontianak.com – Guna menyemarakkan Pekan Kebudayaan Nasional (PKN) 2021 Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Sanggau menggelar nonton bareng (nobar) pembukaan PKN 2021 oleh Presiden Joko Widodo dan Diskusi Budaya bersama para pelaku budaya di halaman Istana Surya Negara Sanggau, Jumat (19/11/2021) malam.

Nobar pembukaan PKN 2021 ini secara nasional dilombakan dengan memanfaatkan unsur sandang, pangan dan papan, dengan cara ditayangkan di sosial media.

“PKN tahun ini, kita mengangkat tema NAPAS JIWA, Cerlang Nusantara, Pandu Masa Depan. Kegiatan PKN dilaksanakan pada 19 Nopember hingga 26 Nopember 2021,” kata Kepala Disdikbud Sanggau Sudarsono.

Ia menjelaskan, Pemkab Sanggau melalui Disdikbud telah banyak memfasilitasi kegiatan-kegiatan kebudayaan. Bahkan pada tahun 2019, Kabupaten Sanggau diganjar Anugerah Kebudayaan dan Maestro Seni Tradisi dari Kemendikbud.

“Kita pernah mendapat predikat kota Budaya dari Kemendikbud. Ini karena kita peduli terhadap pengembangan budaya, memfasilitasi kegiatan-kegiatan seluruh etnis yang ada di Kabupaten Sanggau,” ujar Sudarsono.

Untuk itu, ia meminta kepada para pengurus sanggar dan pelaku seni agar menyampaikan masukan, saran dan pendapat saat diskusi budaya. “Silakan sampaikan saja apa-apa yang harus kita kerjakan, apa kegiatan seni dan budaya di Sanggau yang harus kita kembangkan, kita lestarikan,” kata Sudarsono.

Ia menyebutkan, diperkirakan masih ada seni dan budaya peninggalan leluhur yang belum diketahui, belum pernah terdokumentasikan, belum pernah dikembangkan untuk dilestarikan.

“Pada kesempatan ini, disampaikan saja agar kita semua tahu. Ini penting untuk sama-sama kita diskusikan. Melalui kita, beberapa hal yang berkaitan dengan kebudayaan bisa kita fasilitasi kegiatannya,” kata Sudarsono.

Saat ini, pandemi Covid-19 belum berakhir. Ia berharap, ke depan pandemi segera mereda sehingga kegiatan-kegiatan kebudayaan bisa dilaksanakan seperti sebelum pandemi. Tidak seperti sekarang ini, kegiatan-kegiatan yang berpotensi menimbulkan kerukunan dibatasi.

Sudarsono juga berharap dukungan dan partisipasi seluruh pelaku seni dan budaya yang ada di Kabupaten Sanggau terkait vaksinasi.

“Mohon juga seluruh pelaku seni dan budaya sudah divaksin. Bagaimana kita menyelenggarakan kegiatan budaya kalau kita tidak divaksin,” imbuhnya.

Ia menambahkan, pihaknya juga diminta untuk berpartisipasi melaksanakan kegiatan-kegiatan pekan budaya daerah.

“Setelah ini kami akan melaksanakan pemutaran film melalui bioskop keliling. Ini merupakan bagian dari PKN yang kita lakukan di Sanggau, sampai tanggal 25 November. Mudah-mudahan bisa mengingatkan kita bahwa semua kegiatan kebudayaan di Sanggau sudah kita fasilitasi. Kita mininya Indonesia,” pungkasnya.

Tampak hadir Kepala Disdikbud Kabupaten Sanggau Sudarsono, Pangeran Ratu Surya Negara Gusti Arman beserta Ibu Ratu, para pengurus lembaga etnik dan pengurus sanggar yang ada di Kabupaten Sanggau. (Ril)

 

Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: