banner 468x60

Bupati Erlina Hadiri Webinar Obrolan Lestari

  • Bagikan
Bupati Mempawah, Erlina yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua Umum APKASI memberikan sambutan pada acara Webinar Obrolan Lestari yang mengangkat tema ‘Peran Kolaborasi dan Pelaporan untuk Skema Insentif Daerah’, Selasa (23/11/2021) di Kantor Camat Segedong. (Istimewa)

MEMPAWAH, insidepontianak.com – Bupati Mempawah, Erlina yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua Umum APKASI memberikan sambutan pada acara Webinar Obrolan Lestari yang mengangkat tema ‘Peran Kolaborasi dan Pelaporan untuk Skema Insentif Daerah’, Selasa (23/11/2021) di Kantor Camat Segedong.

Erlina mengatakan, Obrolan Lestari adalah salah satu mata acara Festival Kabupaten Lestari (FKL) yang berupa webinar, untuk mendorong pembangunan lestari di kabupaten dengan peran multipihak secara gotong royong di tingkat kabupaten dan nasional. ini berbentuk panel eksklusif untuk mendiskusikan potensi skema insentif ke daerah dari perspektif multi pemangku kepentingan di tingkat nasional maupun global.

Erlina mengungkapkan, di tahun 2021, Kabupaten Gorontalo bersama Bone Bolango menjadi tuan rumah Festival Kabupaten Lestari keempat, dengan tema ‘Merangkai Kembali Identitas Lestari’ yang bertujuan untuk menciptakan ekosistem investasi berkualitas melalui gotong royong multipihak dan multisektor, dengan mengangkat komoditas, inovasi, dan kearifan lokal yang ada di Kabupaten Gorontalo dan Bone Bolango.

“APKASI sebagai asosiasi pemerintah kabupaten, kata Erlina mengapresiasi dukungan para pemangku kepentingan yang ikut terlibat dalam mendorong adanya pelaporan, dan bagi data multipihak di daerah sebagai bentuk upaya mensukseskan pencapaian program pemerintah nasional, ataupun melalui pendampingan terhadap pemerintah daerah dalam berbagai program,” ujar Erlina.

Beberapa hal yang dapat menjadi “Call to Action” bersama, kata Erlina antara lain, Gotong royong mendorong inovasi dan kolaborasi untuk mendukung mekanisme pelaporan bersama antar sektor dan antar pemangku kepentingan di daerah. Penguatan kerja sama dan koordinasi antar pemangku kepentingan terkait manajemen data dan mekanisme bagi data multipihak di tingkat daerah.

Peningkatan kapasitas dan infrastruktur digital di daerah sebagai  amunisi untuk mendorong kolaborasi dan integrasi data antar pemangku kepentingan. Dan membangun konektivitas antara kemajuan pembangunan lestari di daerah dengan insentif dari lembaga publik, maupun non-publik sebagai bentuk apresiasi terhadap pihak-pihak yang berkontribusi untuk melindungi lingkungan dan mengembangkan perekonoian yang lestari.

“APKASI mengapresiasi dan terima kasih serta siap mensukseskan program pemerintah nasional baik Kementerian maupun Lembaga terutama yang terlibat langsung dalam acara Obrolan Lestari ini, antara lain Badan Penelitian dan Pengembangan dari Kementerian Dalam Negeri RI, Direktorat Transfer Umum dan Kementerian Keuangan RI, Direktorat Pangan dan Pertanian dari BAPPENAS RI, serta perwakilan dari PISAgro selaku perwakilan sektor swasta dan Rainforest Alliance sebagai salah satu mitra pembangunan LTKL,” ucap Erlina.

Selanjutnya, kami ingin mengucapkan terima kasih atas semua partisipasi dan dukungan dalam mensukseskan acara Obrolan Lestari dan Festival Kabupaten Lestari 2021, baik dari pemerintah nasional, pemerintah kabupaten anggota APKASI dan LTKL, mitra pembangunan, masyarakat sipil, sektor swasta, komunitas lokal, media dan panitia penyelenggara dalam acara hari ini.

“Akhir kata, kami dari Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) dan Lingkar Temu Kabupaten Lestari (LTKL) akan terus mendukung inisiatif dan gotong royong dalam mendorong pengembangan ekonomi lestari di daerah,” pungkasnya. (Ril)

 

Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: