banner 468x60

Digital Netizen Fair 2021 Di Enam Kota Dapat Sambutan Positif

  • Bagikan
Digital Netizen Fair 2021 Di Enam Kota Dapat Sambutan Positif
Digital Netizen Fair 2021 Di Enam Kota sukses digelar. Ist

PONTIANAK, insidepontianak.com – Pelaksanaan Literasi Digital Netizen Fair (LDNF) 2021 di enam kota besar di Indonesia mendapatkan atensi positif dari masyarakat.

Tidak kurang dari 500 peserta hadir dalam pelaksanaan hari pertama dari dua hari pelaksanaan (23 -24 November 2021) LDNF 2021 di setiap kota, seperti Padang, Pekanbaru, Pontianak, Bandung, Palu dan Papua ini.

Kegiatan ini adalah upaya Kementerian Komunikasi dan Informatika bersama Gerakan Nasional Literasi Digital Siberkreasi dalam merespon cepat Presiden Joko Widodo menyoal perkembangan teknologi dan perluasan akses internet yang perlu diimbangi dengan pengembangan talenta digital.

Berbagai kegiatan di bawah payung besar Program Literasi Digital Nasional pun dilaksanakan. Program ini bertujuan untuk mewujudkan masyarakat Indonesia yang makin cakap digital.

Digital Netizen Fair 2021 di salah satu kota banyak menghadirkan narasumber menarik. Ist
Digital Netizen Fair 2021 di salah satu kota banyak menghadirkan narasumber menarik. Ist

Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny G Plate, dalam keterangan tertulisnya mengatakan, saat ini terdapat sekitar 200 juta warga Indonesia yang menjadi pengguna internet. Mereka beraktivitas di ruang digital secara aktif dan masif.

Digitalisasi menurutnya memberikan dampak yang positif bagi masyarakat. Namun, tidak sedikit informasi yang juga harus disaring karena bisa berdampak kepada terjadinya “Tsunami Digital”.

“Layaknya pisau bermata dua, punya sisi negatif dan positif. Seiring kemudahan yang ditawarkan, juga terdapat sisi gelap internet, seperti penyebaran berita bohong, ujaran kebencian, konten radikalisme dan terorisme,” ungkap Johnny.

Kementerian Kominfo menilai, literasi digital menjadi kemampuan strategis dan sudah menjadi sebuah keharusan dalam menciptakan ruang digital yang bersih, aman, dan nyaman, serta untuk menciptakan masyarakat yang berdaya secara digital.

Sepanjang tahun 2021, Kementerian Komunikasi dan Informatika tengah menjalankan Program Nasional Literasi Digital sebagai salah satu upaya untuk mempercepat terwujudnya transformasi digital.

Pada tahun ini, Program Literasi Digital Nasional menargetkan untuk dapat menjangkau 12,5 juta masyarakat Indonesia di 514 kabupaten/kota pada 34 provinsi.

Antusiasme masyarakat mengikuti Digital Netizen Fair 2021 Di Enam Kota di Indonesia. Ist
Antusiasme masyarakat mengikuti Digital Netizen Fair 2021 Di Enam Kota di Indonesia. Ist

Dalam berbagai kegiatan literasi digital tersebut, Kementerian Kominfo berkolaborasi dan bekerjasama dengan mitra/jejaring GNLD Siberkreasi secara masif dan meluas di 34 Provinsi dan 514 Kabupaten/Kota.

“Tujuan adalah membangun kesadaran dan pengetahuan masyarakat terhadap pemanfaatan teknologi digital. Tak hanya itu, mengembangkan dan meningkatkan keterampilan masyarakat Indonesia di dunia digital,” paparnya.

Tidak sebatas itu, citra positif juga dirasakan oleh perwakilan pemangku wilayah, pemegang kebijakan, serta para praktisi industri digital yang hadir dalam pelaksanaan kegiatan ini.

Informasi lebih lanjut mengenai kegiatan LDNF 2021  berikut jadwal lengkapnya dapat diakses melalui http://info.literasidigital.id   atau media sosial Siberkreasi. Segera ikut andil dalam Menuju Indonesia Makin Cakap Digital bersama Kementerian Kominfo di Netizen Fair 2021!

Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: