banner 468x60

Orang Tua Wajib Dengar! Jangan Katakan 5 Hal Ini Pada Anak

  • Bagikan
Ilustrasi orang tua memarahi anak. Ist
Ilustrasi orang tua memarahi anak. Suara.com

PONTIANAK, insidepontianak.com – Setiap orang tua pasti memiliki cara berbeda-beda dalam mendidik anak. Namun kerap kali kita lupa bahwa pola didik menentukan sifat dan perilaku sang anak di masa depan.

Kesalahan pola asuh yang dilakukan oleh orangtua dapat menyebabkan sang anak yang kesulitan dalam hubungan sosial, emosi yang tidak stabil bahkan membangkang kepada orangtua. Salah satu kesalahan yang seringkali terjadi ialah lewat ucapan.

Oleh sebab itu dilansir dari timesofindia.com, dikutip Suara.com, berikut 9 Hal yang sebaiknya tidak dikatakan orangtua kepada anak:

1. Membandingkan

Membandingkan anakmu dan memberikan contoh tentang apa yang bisa kamu lakukan pada usia muda merupakan kesalahan yang paling sering dan paling salah dilakukan oleh orang tua.

Jika kamu melakukan hal tersebut, kesalahannya terletak pada dirimu yang berharap bahwa kamu memiliki anak yang sempurna.

Cobalah kamu mengingat kembali kesalahanmu sebagai seorang anak di masa kecilmu dan masalah apa yang kamu lakukan yang bisa membuat orangtuamu marah. Pernyataan-penyataan seperti ini bisa saja merusak kepercayaan diri anakmu.

2. Menyalahkan dalam setiap keputusan

Jangan menghukum anakmu jika ia belum terlalu dewasa. Membuat kesalahan bisa dilakukan oleh siapa saja dan hal tersebut merupakan proses untuk belajar dalam hidup.

Ia mungkin akan memilih bidang studi yang tidak sesuai dengan kesukaanmu atau bekerja dalam perusahaan kecil yang tidak terlalu kamu banggakan, tetapi hal tersebut bukan berarti kamu boleh mengatakan bahwa ia memilih keputusan yang salah.

Kamu sebagai orangtua seharusnya membimbingnya dalam setiap keputusan yang ia ambil, bukannya memaksakannya untuk mengikuti pendapatmu.

3. Membandingkan dengan saudara

Seringkali kita menemukan orangtua yang melakukan perbandingan kepada anaknya. Hindarilah menabur pertengkaran diantara anak-anakmu dengan membandingkan kemampuan mereka.

Hal tersebut dapat membuat ruang diantara anak-anakmu. Selain itu, hal ini dapat menyebabkan anakmu yang akan menaruh dendam terhadapmu.

Jangan ganggu

Orangtua sebenarnya memiliki tanggung jawab untuk diurus oleh anak-anak, yang terkadang tidak disadari oleh anak-anak. Mungkin kamu merasa ingin memiliki waktu sendiri tetapi anak-anak mungkin tidak memahami akan hal tersebut.

Bentakan seperti “Jangan ganggu aku” atau “Tinggalkan aku sendiri” dapat membuat anakmu merasa diabaikan, tidak diinginkan dan tertekan. Sebaiknya bersabarlah dan hindari perkataan-perkataan kasar.

5. Mempermalukan anak

Pernyataan ini merupakan pernyataan yang kasar dan dapat menyakiti anak-anak manapun. Mungkin ada anak yang nakal yang suka mengganggu orang lain, tapi hal tersebut bukan berarti kamu bisa menegurnya dengan hal tersebut. Ada cara yang lebih baik untuk menegur anakmu tentang hal yang baik dan buruk.

Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: