banner 468x60

Peringati HUT KORPRI, Wabup Sujiwo Ajak ASN Kubu Raya Rutin Donor Darah

  • Bagikan
Wakil Bupati Kubu Raya Sujiwo mengikuti kegiatan donor darah yang diselenggarakan oleh KORPRI Kabupaten Kubu Raya dalam rangka menyemarakkan peringatan Hari Ulang Tahun KORPRI ke-50, di Ruang Praja Utama, Kantor Bupati Kubu Raya, Rabu (24/11/2021). (Istimewa)

KUBU RAYA, insidepontianak.com – Wakil Bupati Kubu Raya Sujiwo mengajak aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kubu Raya untuk rutin melakukan donor darah. Ajakan itu disampaikan Sujiwo seusai mengikuti kegiatan donor darah dalam rangka HUT ke-50 Korpri di Aula Kantor Bupati Kubu Raya, Rabu (24/11/2021).

“Hari ini, dalam rangka rangkaian HUT Korpri panitia menggelar donor darah. Tentunya ini kegiatan yang sangat mulia di mana ASN dan di luar ASN yang memenuhi syarat dapat melakukan donor. Saya mengimbau semua ASN di pemkab dan masyarakat agar kiranya bisa rutin melakukan donor darah,” ajaknya.

Menurut Sujiwo, berdonor merupakan perbuatan mulia karena dapat membantu sesama yang tengah membutuhkan transfusi darah. Di samping itu, rutin berdonor juga baik untuk kesehatan tubuh karena membuat tekanan darah jadi lebih terkontrol, menyehatkan kondisi mental, mencegah anemia, hingga mengurangi risiko terkena berbagai penyakit.

“Kita ketahui, di PMI, darah itu sangat diperlukan. Makanya, kita berharap teman-teman bisa menyumbangkan darahnya secara rutin. Donor darah itu bukan hanya menolong saudara, tapi juga menolong diri kita sendiri karena ada banyak manfaat di baliknya,” tuturnya.

Sujiwo juga mengingatkan masyarakat untuk tidak perlu khawatir terpapar Covid-19 saat mendonorkan darahnya. Ia berujar, kekhawatiran itu tidak perlu terjadi karena berdonor di masa pandemi sudah dijamin aman oleh Palang Merah Indonsia (PMI).

“Donor darah itu kalau dulu kan tiga bulan, sekarang dua bulan sekali boleh dengan catatan HB-nya, tekanan darahnya dan cek-cek lainnya memenuhi syarat. Masyarakat pun jangan khawatir berdonor ketika pandemi karena hingga detik ini belum ada laporan kasus yang menyebutkan kalau virus korona menular melalui transfusi darah,” pungkasnya. (Ril)

Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: