banner 468x60

Yuks Buat Itinerary Wisata Mudah : Anti Bingung, Apalagi Tersesat

  • Bagikan
Ilustrasi perjalanan wisata. Suara.com
Ilustrasi perjalanan wisata. Suara.com

PONTIANAK, insidepontianak.com – Pernah cari tahu soal cara membuat itinerary wisata? Itinerary adalah sebuah rencana perjalanan yang meliputi tujuan destinasi, jadwal kegiatan, estimasi biaya yang diperlukan.

Itinerary juga bisa berbentuk lembaran atau tulisan ini bisa meliputi daftar wisata tujuan, jadwal kegiatan, akomodasi, transportasi dan konsumsi.

Membuat itinerary wisata bertujuan agar perjalanan wisata dapat terlaksana dengan lancar dan tidak ada hambatan. Kamu juga tentu saja menginginkan perjalanan wisata bisa terasa menyenangkan tanpa ada kendala, seperti tidak ada keterlambatan, memperhitungkan waktu perjalanan dan jumlah pengeluaran.

Agar tidak kebingungan dalam membuat itinerary, berikut Suara.com telah merangkum khusus untuk kamu cara membuat itinerary wisata yang bisa memaksimalkan pengalaman liburan kamu.

Menentukan tujuan wisata

Pertama yang harus dilakukan dalam membuat itinerary adalah menentukan tujuan destinasi wisata. Kamu bisa memilih apakah tujuan tersebut hanya satu kota, beberapa kota, beberapa provinsi atau malah ke luar negeri.

Cari informasi mengenai destinasi apa saja yang sudah dalam wishlist kamu. Pastikan untuk mengetahui medan perjalanan, jam buka-tutup, biaya tiket masuk dan jarak antara lokasi satu dengan lainnya.

Memilih waktu perjalanan yang tepat

Jika ingin mengunjungi sebuah tempat wisata, kamu perlu menentukan kapan waktu perjalanan wisata dilakukan. Misalnya jika ingin datang di saat musim dingin, kamu perlu mempersiapkan akomodasi dalam itinerary seperti obat-obatan, pakaian tebal dan berbagai macam yang menunjang wisata saat musim dingin.

Membuat kalender perjalanan

Setelah mengetahui tujuan wisata dan waktu kunjungan, kamu harus menentukan kapan waktu untuk mengunjunginya dengan membuat daftar perjalanan. Daftar ini meliputi tanggal dan daftar tempat wisata yang dikunjungi. Dalam jadwal, harus mencantumkan waktu perjalanan, waktu kunjungan, hingga kegiatan free-time yang bisa dimanfaatkan oleh para turis.

Cara Membuat Itinerary Wisata, Mudah Cuma 5 Langkah!

Menentukan transportasi dan akomodasi

Untuk mendukung perjalanan wisata, transportasi dan akomodasi menjadi hal penting yang harus dipertimbangan. Tentukan transportasi yang digunakan untuk berangkat, pulang, dan tentunya perjalanan antar destinasi wisata.

Jangan membuat jadwal terlalu ketat dan selalu perhatikan hal kecil

Setelah mempersiapkan segala hal yang sudah tertera dalam itinerary, kamu diharuskan membuat perjalanan tersebut bisa terlaksana dengan rapih. Namun, kamu boleh saja mengubahnya melihat situasi dan kondisi yang ada di lapangan.

Disamping itu, kamu juga harus mempertaruhkan waktu dan tempat wisata yang bisa saja tidak dapat dikunjungi.

Itulah cara membuat itinerary wisata yang bisa menjadi pedoman kamu. Semoga informasi berikut ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan untuk mempersiapkan perjalanan wisata.

Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: