banner 468x60

Kopi Liberikan Kayong Utara Terdaftar di Kementerian Pertanian

  • Bagikan
Petani Kopi Kecamatan Seponti, Kabupaten Kayong Utara tampak sedang menyortir biji kopi yang siap di panen. (Ist)
Petani Kopi Kecamatan Seponti, Kabupaten Kayong Utara tampak sedang menyortir biji kopi yang siap di panen. (Ist)

KAYONG UTARA, insidepontianak.com – Kalimantan Barat mendapatkan varietas kopi lokal pertama, yaitu Kopi Liberika Varietas Liberikayong yang diterbitkan oleh Pusat Perlindungan Varietas Tanaman dan Perijinan Pertanian, Kementerian Pertanian Republik Indonesia.

Pendamping Petani Kopi Kayong Utara, Gusti Iwan Darmawan, menjelaskan untuk proses pendaftaran kopi Kayong Utara ini dilakukan Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Kayong Utara, atas nama Bupati Kayong Utara. Bisa juga atas usulan masyarakat petani kopi Kayong Utara dengan nama kelompok tani Cahaya Kayong Seponti.

“Tentunya ini berdasarkan hasil observasi dan analisa morfologi tanaman kopi Liberika yang telah dibudidayakan masyarakat sejak puluhan tahun lalu,” tuturnya.

Menurut Penggiat Kopi Kalimantan Barat (Kalbar) ini, dengan mendaftarkan kopi Kayong Utara setidaknya dapat melindungi kopi yang telah dibudidayakan masyarakat.

Saat ini kopi Koyong mengalami perubahan dan mampu beradaptasi dengan kondisi lahan perkebunan rakyat di Kabupaten Kayong Utara, Provinsi Kalimantan Barat.

“Di samping itu masyarakat tidak perlu bingung lagi mau memilih dan mengembangkan kopi pada lahannya,” pesan Iwan

Selain itu dengan terdaftarnya kopi lokal Kayong Utara ini juga memperkuat identitas kopi khas daerah.

Tak hanya itu, ini menjadi sumber pendapatan baru bagi masyarakat dalam penangkaran dan pengadaan bibit kopi Liberika Varietas Liberikayong di Kabupaten Kayong Utara. (Fauzi)

 

Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: