banner 468x60

Manfaat Timun Suri : Baik untuk Pencernaan hingga Cegah Pertumbuhan Bakteri

  • Bagikan
Timun Suri dipercaya banyak mengandung manfaat bagi kesehatan. Suara.com
Timun Suri dipercaya banyak mengandung manfaat bagi kesehatan. Suara.com

PONTIANAK, insidepontianak.com – Timun suri yang mempunyai kemiripan dengan buah melon dan ketimun ini termasuk dalam keluarga labu-labuan (Cucurbitaceae).

Biasanya, timun suri diburu oleh banyak orang ketika Ramadan, karena buah ini sangat cocok untuk dijadikan sebagai salah satu menu berbuka puasa. Buah yang satu ini juga mempunyai berbagai nutrisi seperti vitamin A, asam linoleat, vitamin C, potasium, kalium, dan magnesium yang baik bagi tubuh.

Timun suri mempunyai aroma wangi yang khas dan juga warna kulit hijau kekuning-kuningan. Selain itu, buah yang bertekstur lembut ini mempunyai bentuk yang lonjong dan memiliki kandungan air cukup banyak. Pada umumnya, timun suri dijual dengan harga yang cukup murah sesuai dengan ukuran buahnya.

Merangkum dari Hallosehat, dikutip Suara.com, berikut beberapa manfaat timun suri bagi kesehatan tubuh.

1. Baik untuk Sistem Pencernaan

Karena tekstur buah timun suri mengandung serat dan air yang sangat melimpah, sehingga tak heran jika buah satu ini baik untuk sistem pencernaan. Timun suri juga dipercaya dapat menghidrasi tubuh karena di dalamnya terdapat kandungan kalium, yakni mineral penting yang dapat menjaga keseimbangan cairan tubuh.

Bagi orang yang menderita susah BAB, mempunyai gangguan penyakit tukak lambung, atau penyakit maag disarakan untuk mengonsumsi timun suri untuk memperbaiki sistem pencernaannya.

2. Meningkatkan Imun Tubuh

Timun suri mempunyai kandungan vitamin A dan vitamin C yang cukup tinggi. Oleh karena itu, tak heran bila timun suri dipercaya dapat membantu meningkatkan imunitas tubuh.

Kedua vitamin tersebut dapat mendorong produksi sel darah putih, khususnya fagosit dan limfosit yang mempunyai peran untuk melindungi tubuh dari infeksi.

Selain itu, vitamin C yang bersifat antioksidan juga dapat melindungi sel-sel imun dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas. Vitamin C pada timun suri juga diperlukan oleh tubuh untuk mengontrol tekanan darah, penyerapan zat besi, dan menurunkan kadar asam urat.

3. Menjaga Kesehatan Tulang

Timun suri mempunyai manfaat untuk membantu menjaga kesehatan gigi dan tulang. Manfaat tersebut didapatkan dari adanya kandungan fosfor dan kalsium di dalamnya.

Kalsium bukan hanya baik untuk kesehatan gigi dan tulang, tetapi juga untuk menjaga kesehatan jantung, melancarkan aliran darah, serta menjaga fungsi otot dan saraf.

Sementara, fosfor bermanfaat untuk membantu meningkatkan energi, menyaring racun di ginjal, mengurangi nyeri otot setelah melakukan olahraga, dan memelihara serta memperbaiki jaringan sel pada tubuh.

4. Menghambat Pertumbuhan Bakteri

Kandungan flavonoid, steroid, alkoloid, saponin, dan triterpenoid yang terdapat pada timun suri dipercaya dapat menghambat pertumbuhan bakteri dalam tubuh.

Beberapa penelitian juga menunjukkan jika kandungan flavonoid dalam buah ini mampu melawan bakteri penyebab penyakit. Akan tetapi, manfaat timun suri ini masih membutuhkan penelitian yang lebih lanjut.

Itulah beberapa manfaat timun suri bagi kesehatan tubuh. Meskipun mempunyai banyak manfaat, tetapi timun suri tetap tidak bisa memenuhi semua kebutuhan nutrisi bagi tubuh. Oleh karena itu, Anda tetap membutuhkan makanan lain yang kaya akan serat, lemak sehat, dan protein.

 

Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: