Rutan Sambas Gelar Tes Urine Mendadak

  • Bagikan
Petugas Rutan Sambas menujukkan alat tes, Rabu (1/12/2021). Ist
Petugas Rutan Sambas menujukkan alat tes, Rabu (1/12/2021). Ist

SAMBAS, insidepontianak.com – Petugas dan warga binaan Rutan Kelas II B Kabupaten Sambas, Kalbar, dites urine mendadak.

Hal itu dalam rangka pencegahan, pemberantasan, penyalahgunaan dan per peredaran gelap narkotika (P4GN) di lingkungan Rutan, Rabu (1/12/2021).

Kepala Rutan Kelas II B Sambas, Priyo Tri Laksono mengatakan, tes urine tersebut dilakukan oleh petugas Dinas Kesehatan Kabupaten Sambas sebagai wujud kerjasama Rutan dan Dinas Kesehatan dalam rangka pencegahan penyalahgunaan narkotika.

“Tes urine ini juga merupakan tindak lanjut dari perintah Dirjenpas, kepada Kepala Divisi Pemasyarakatan Kalbar untuk mencegah dan memberantas narkotika di lingkungan Rutan,” katanya.

Priyo mengatakan, sebanyak 38 orang petugas Rutan Kelas II B Sambas yang dites urine hasilnya negatif. Hal itu sebagai bukti bahwa petugas Rutan bersih dari narkoba.

“Selain petugas kami juga melakukan tes urine kepada 17 orang warga binaan dengan metode random. Alhamdulillah mereka juga negatif,” katanya.

Priyo mengatakan, alat tes urine yang digunakan untuk melakukan pemeriksaan kepada petugas dan warga binaan Rutan Sambas adalah kiriman dari Dirjenpas.

Sementara, Kepala Seksi Rujukan dan Krisis Kesehatan Dinas Kesehatan Kabupaten Sambas, Agustiadi melihat langsung pelaksaan tes urine tersebut. Dia mengatakan, alat tes urine yang digunakan di Rutan adalah yang paling lengkap karena bisa mendeteksi 10 jenis dzat adiktif.

Alat tes yang digunakan adalah yang paling lengkap karena bisa mendeteksi 10 jenis dzat adiktif yakni Tetrahydrocannabitol(THT), Cocaine(COC), Amphetamine (AMP, Methamphetamine(MET), Morphine (MOP), Benzodiazephines(BZO), Methyllenedioxy Methamphetamine (MDMA), Phencyclidine (PCP), Carisprodol (SOMA) dan Methadone (MTD).

 

Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: