Kenali Manfaat Dahsyat Sholat Tahajud

  • Bagikan
Manfaat Sholat Tahajud beserta Tata Cara Mendirikannya - Ilustrasi salat, sholat, ibadah, berdoa. [Shutterstock]
Manfaat Sholat Tahajud beserta Tata Cara Mendirikannya - Ilustrasi salat, sholat, ibadah, berdoa. [Shutterstock/Suara.com]

PONTIANAK, insidepontianak.com – Sholat tahajud merupakan salah satu amalan sunnah yang sangat dianjuran untuk didirikan. Bagaimana cara mendirikan sholat tahajud? Apa saja keutamaan dan manfaat dahsyat sholat tahajud?

Sholat yang dilakukan pada waktu sepertiga malam ini menjadi salah satu amalan yang sangat dicintai oleh Rasulullah SAW. Selain itu, ada banyak sekali keutamaan dan manfaat sholat tahajud.

Berikut Suara.com merangkum tentang 5 manfaat dahsyat sholat tahajud beserta tata cara mendirikannya.

Manfaat Salat Tahajud

Tahajud adalah salah satu amalan yang nantinya akan membantumu di akhirat

Mendekatkan diri kepada Allah, dengan bangunya kamu pada sepertiga malam mencerminkan sifat rendah hati, ramah dan akan mendapatkan ketenangan jiwa
Selain itu manfaat salat tahajud adalah sebagai jalan masuk surga dan penghapusan dosa

Waktu dalam melakukan tahajud adalah jam dimana seluruh doa akan diijabah, dengan kata lain doa yang kamu panjatkan selama tahajud akan lebih mudah dikabulkan

Barangsiapa yang melaksanakan amalan ini akan dijauhkan dari penyakit-penyakit, itu adalah janji Allah.

Tata Cara Sholat Tahajud dan Doa Tahajud

Berikut adalah urutan sholat tahajud beserta doa tahajud dan latinnya, untuk mempermudah kamu menghafal dan mengamalkannya:

1. Niat salat tahajud:

“Ushallii sunnatan tahajjudi rak’ataini mustaqbilal qiblati lillahi ta’alla.”

Artinya: “Aku niat sholat sunna tahajud 2 rakaat, menghadap kiblat, karena Allah Ta’ala.”

Setelah membaca niat salat lakukan salat dengan 2 rakaat 1 salam. Kamu bisa menutup salat tahajud dengan salat witir.

2. Membaca doa setelah Tahajud

Allahumma rabbana lakal hamdu. Anta qayyimus samawati wal ardhi wa man fi hinna. Wa lakal hamdu anta malikus samâwâti wal ardhi wa man fi hinna. Wa lakal hamdu anta nûrus samâwâti wal ardhi wa man fî hinna. Wa lakal hamdu antal haq. Wa wa’dukal haq. Wa liqa’uka haq. Wa qauluka haq. Wal jannatu haq. Wan naru haq. Wan nabiyyuna haq. Wa Muhammadun shallallahu alaihi wasallama haq. Was sa’atu haq. Allâhumma laka aslamtu. Wa bika âmantu. Wa alaika tawakkaltu. Wa ilaika anabtu. Wa bika khâshamtu. Wa ilaika hâkamtu. Fagfirli ma qaddamtu, wa ma akhkhartu, wa ma asrartu, wa ma a’lantu, wa ma anta a’lamu bihi minnî. Antal muqaddimu wa antal mu’akhkhiru. La ilaha illa anta. Wa la haula, wa la quwwata illa billah.

“Ya Allah, Tuhan kami, segala puji bagi-Mu, Engkau penegak langit, bumi, dan makhluk di dalamnya. Segala puji bagi-Mu, Engkau penguasa langit, bumi, dan makhluk di dalamnya. Segala puji bagi-Mu, Engkau cahaya langit, bumi, dan makhluk di dalamnya. Segala puji bagi-Mu, Engkau Maha Benar. Janji-Mu benar. Pertemuan dengan-Mu kelak itu benar. Firman-Mu benar adanya. Surga itu nyata. Neraka pun demikian. Para nabi itu benar. Demikian pula Nabi Muhammad SAW itu benar. Hari Kiamat itu benar. Ya Tuhanku, hanya kepada-Mu aku berserah. Hanya kepada-Mu juga aku beriman. Kepada-Mu aku pasrah. Hanya kepada-Mu aku kembali. Karena-Mu aku rela bertikai. Hanya pada-Mu dasar putusanku. Karenanya ampuni dosaku yang telah lalu dan yang terkemudian, dosa yang kusembunyikan dan yang kunyatakan, dan dosa lain yang lebih Kau ketahui ketimbang aku. Engkau Yang Maha Terdahulu dan Engkau Yang Maha Terkemudian. Tiada Tuhan selain Engkau. Tiada daya upaya dan kekuatan selain pertolongan Allah.”

Demikian adalah ulasan tentang 5 manfaat sholat tahajud beserta tata cara mendirikannya. Semoga dapat memberikan wawasan pengetahuan keagamaan untuk anda sekalian.

Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: