Pakai Kaus Kaki Bisa Buat Cepat Tidur, Benarkah?

  • Bagikan
Ilustrasi kaus kaki. (Unsplash/Thought Catalog)
Ilustrasi kaus kaki. (Unsplash/Thought Catalog)

PONTIANAK, insidepontianak.com – Bagi kalian yang sulit tidur, sebenarnya ada banyak solusi agar kamu cepat tertidur, salah satunya menjaga kaki tetap hangat dengan mengenakan kaus kaki. Cara ini juga didukung oleh berbagai penelitian.

Berdasarkan Sleep Foundation, dikutip Suara.com, pada malam hari, suhu tubuh akan lebih rendah dari siang hari, dan penurunan ini membuat kita mengantuk.

Bukti menunjukkan bahwa memakai kaus kaki atau melakukan cara lain untuk menghangatkan kaki dapat menurunkan suhu inti tubuh sehingga membantu agar tertidur lebih cepat.

Mengenakan kaus kaki dapat membantu proses vasodilatasi pembuluh darah distal, yang mengacu pada peningkatan darah ke tangan dan kaki sehingga suhu tubuh turun lebih cepat.

Satu studi menunjukkan bahwa peserta yang mengenakan kaus kaki, atau metode pemanasan kaki lainnya, dapat tertidur lebih cepat, lebih lama, dan memiliki kualitas tidur yang baik.

Selain itu, satu studi menunjukkan bahwa menghangatkan kaki 20 menit sebelum tidur dapat mengurangi gejala insomnia serta kelelahan.

Dalam riset terpisah, orang yang menderita insomnia mengalami tidur yang lebih baik setelah menghangatkan tangan dan kaki mereka.

Riset menunjukkan suhu ruangan yang optimal untuk tidur berkisar 18 hingga 21 derajat Celcius. Namun, memang beberapa orang lebih nyaman jika tidur dalam kondisi ruangan yang lebih dingin atau lebih hangat.

Perbedaan jenis kelamin juga berdampak pada suhu optimal untuk tidur. Wanita memiliki tingkat metabolisme tidur yang lebih rendah daripada pria sehingga berdampak pada sensitivitas mereka terhadap lingkungan yang lebih dingin. Sementara, pria lebih cenderung tahan terhadap kamar tidur yang lebih hangat.

 

Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: