Selamat Hari Ibu, Berikan Pesan Menyentuh untuk Ibu di Rumah

  • Bagikan
Ilustrasi memberi bunga di Hari Ibu (Shutterstock)
Ilustrasi memberi bunga di Hari Ibu (Shutterstock)

PONTIANAK, insidepontianak.com – Banyak orang masih menyamakan Hari Ibu dengan Mother’s Day atau Hari Ibu Internasional. Padahal kedua peringatan itu jelas berbeda, baik dari waktu maupun alasan diperingati.

Perbedaan hari ibu nasional dengan hari ibu internasional, pertama terlihat dari tanggal diperingatinya. Mengutip Suara.com dari situs Kemendikbud, Selasa (21/12/2021) peringatan hari ibu nasional diperingati pada 22 Desember setiap tahunnya.

Sedangkan hari ibu internasional, mengutip History, diperingati di Amerika Serikat pada 8 Mei setiap tahunnya.

Sejarah Hari Ibu Nasional

Peringatan hari ibu nasional ditetapkan berdasarkan hasil kongres Perempuan Indonesia ke-3 di Bandung pada 23 hingga 27 Juli 1938 oleh Komite Perlindungan Kaum Perempuan dan Anak-anak Indonesia (KPKPAI),

Hasilnya ditetapkannya bahwa 22 Desember diperingati sebagai Hari Ibu atas usul dari Perkumpulan Istri Indonesia.

Keputusan lain pada kongres ini adalah gagasan menyusun Undang-undang Perkawinan untuk umat Islam berdasarkan saran dari Maria Ulfah.

Maria Ulfah saat itu menjadi Ketua Sekretariat sekaligus Direktur Kabinet Perdana Menteri sejak 19 Agustus 1947 hingga September 1962.

Ia mengetahui bahwa ada usulan kepada Dewan Menteri untuk menetapkan hari-hari nasional bersejarah.

Usul tersebut diterima dan dengan Surat Keputusan Presiden No. 316 Tahun 1959 Hari Ibu dijadikan Hari Nasional Bersejarah, bukan hari libur.

Sama seperti Hari Kebangkitan Nasional dan lain-lain. Sejak itu Hari Ibu diperingati secara nasional, bukan di kalangan kaum ibu saja.

Sejarah Peringatan Hari Ibu Internasional

Berbeda dengan penetapan hari ibu nasional, hari ibu internasional di Amerika Serikat adalah hari libur, untuk menghormati para ibu di seluruh dunia.

Hari Ibu di Amerika diciptakan oleh Anna Jarvis pada 1908 dan menjadi hari libur resmi AS sejak 1914.

Peringatan hari ibu internasional ini juga berkaitan erat dengan perayaan untuk ibu, yang sudah berlangsung sejak Yunani Kuno dan Romawi.

Dimulai sejak diadakannya festival untuk menghormati sosok ibu dewi Rhea dan Cybele. Itulah kenapa hari ibu internasional diidentikan dengan festival kristen, yang dikenal dengan perayaan ‘Mothering Sunday’ atau Hari Minggu Ibu.

Bahkan perayaan ini pernah jadi tradisi utama di Inggris dan sebagian negara Eropa, dirayakan setiap hari Minggu keempat, masa Prapaskah.

Namun, kian kemari Hari Minggu Ibu berubah menjadi hari libur yang lebih sekuler, dengan perayaan memberi ibu bunga dan hadiah penghargaan lainnya.

«

Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: