Hari Ini, Ferdinand Hutahaean Diperiksa Polisi

  • Bagikan
Ferdinand Hutahaean memberikan klarifikasi di akun Twitternya. [Ist]
Ferdinand Hutahaean memberikan klarifikasi di akun Twitternya. [Ist]

PONTIANAK, insidepontianak.com – Usai cuitannya viral, Ferdinand Hutahaean akan diperiksa kepolisian hari ini, Senin (10/1/2022). Mantan politis Demokrat ini sempat membuat jagat maya ramai dengan tweet yang cenderung menghina Islam.

Ferdinand Hutahaean saat dikonformasi akan hadir memenuhi panggilan penyidik Direktorat Tindak Pidana Siber (Dottipid Siber) Bareskrim Polri hari ini. Dia sedianya dijadwalkan diperiksa terkait kasus dugaan ujaran kebencian berdasar suku, agama, ras, dan antar golongan atau SARA.

Dalam surat panggilan yang dilayangkan penyidik, Ferdinand Hutahaean dijadwalkan diperiksa sekitar pukul 10.00 WIB.

“Saya akan upayakan hadir tepat waktu di sana,” kata Ferdinand, dikutip Suara.com Minggu (9/1/2022).

Penyidk Dittipid Siber Bareskrim Polri sebelumnya telah meningkatkan status perkara kasus ini dari tahap penyelidikan ke penyidikan. Peningkatan status perkara dilakukan usai penyidik memeriksa sejumlah saksi, ahli, hingga melaksanakan gelar perkara.

Karopenmas Divisi Humas Mabes Polri Brigjen Pol Ahmad Ramadhan mengatakan berdasar hasil gelar perkara penyidik menyimpulkan telah menemukan adanya unsur pidana dibalik pernyataan Ferdinand soal ‘Allahmu Lemah’.

“Hasil gelar perkara memutuskan menaikan kasus dari penyelidikan menjadi penyidikan,” kata Ramadhan di Mabes Polri, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Kamis (6/1/2022).

Ramadhan menyebut penyidik telah memeriksa lima saksi dan lima ahli. Beberpaa ahli yang diperiksa di antaranya ahli bahasa, sosiologi, ahli hukum pidana, ahli ITE, hingga ahli agama.

“Siang tadi penyidik Direktorat Siber Bareskrim Polri telah menerbutkan SPDP atau surat pemberitahuan dimulainya penyidikan dan telah dikirimkan ke Kejaksaan Agung,” jelas Ramadhan.

 

Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: