CPO Tumpah Cemari Laut di Pelabuhan Internasional Kijing

  • Bagikan
CPO Tumpah di Mempawah
Tangkapan layar tumpahan crude palm oil (CPO) di Mempawah, tepatnya di perairan Pelabuhan Internasional Kijing, Kecamatan Sungai Kunyit, Kabupaten Mempawah. (Ist)

MEMPAWAH, insidepontianak.com – Beredar video tumpahan crude palm oil (CPO) di media sosial. Video berdurasi 1 menit 25 detik itu, memperlihatkan area tumpahan CPO mengapung di laut, tepatnya di perairan Pelabuhan Internasional Kijing, Kecamatan Sungai Kunyit, Kabupaten Mempawah.

Belakangan diketahui, penampakan tumpahan CPO itu, pertamakali ditemukan oleh seorang nelayan bernama Iwan. Dikonfirmasi insidepontianak.com, Iwan mengatakan, CPO tumpah itu ditemukannya pada 15 Desember 2021.

“Sampai 18 Desember, saya lihat masih ada,” kata Iwan saat dihubungi melalui sambungan telepon, Selasa (11/1/2022).

Menurut Iwan, CPO tersebut mengapung di sejumlah titik. Dengan diameter besar dan kecil. Kondisi ini membuat resah masyarakat di Desa Sungai Kunyit, terlebih para nelayan yang menggantungkan hidupnya di laut.

Tumpahan CPO itu mencemari lingkungan. Beradampak pada ekosistem dan biota laut. Dia berharap, pemerintah segera menindaklanjuti CPO tumpah ini. Harus ada sanksi bagi si pemilik.

“Kami sudah coba menghubungi pihak perusahaan yang memiliki pipa penyaluran CPO di Pelabuhan Kijing, tapi tidak ditanggapi,” pungkasnya.

Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: