Wujudkan Air Bersih, Pemda Kayong Utara Manfaatkan Dana CSR

  • Bagikan

KAYONG UTARA, insidepontianak.com – Guna mewujudkan visi misi Bupati dan Wakil Bupati terkait air bersih sampai ke Kecamatan Simpang Hilir, Pemerintah Daerah (Pemda) Kayong Utara akan menggandeng perusahaan swasta.

Caranya, pemda akan memanfaatkan dana Corporate Social Responsibility (CSR) perusahaan untuk membangun sumur bor di Kecamatan Simpang Hilir.

“Untuk itu kita juga sudah menjalin kerjasama melalui mitra kerja pemerintah, perusahaan sawit, perusahaan tambang untuk membangun sumur bor,” ungkap Bupati Citra Duani, Selasa (11/1/2022).

Citra melanjutkan, khusus pembangunan jaringan baru maupun memperbaiki jaringan pipa yang rusak, diakuinya sudah dilakukan pemerintah daerah. Namun, dengan kondisi anggaran dan pandemi Covid- 19 yang mewajibkan pemeritah daerah memangkas beberapa kegiatan membuat realisasi air bersih Kecamatan Simpang Hilir masih terhambat.

“Tidak bisa diwujudkan dalam waktu yang singkat. Simpang Hilir ini memang susah air bersih tapi kita sudah berbuat semaksimal mungkin untuk memasang atau memperbiki jaringan sampai ke sana (Simpang Hilir) cuma harus ada tahapan karena keterbatasan anggaran,” keluhnya.

Wacana sumur bor sebagai solusi cepat penyediaan air bersih bagi daerah daerah yang belum teraliri air bersih ini, diakui Bupati Citra Duani, diri terinspirasi melihat kemandirian masyarakat di Kecamatan Seponti.

“Karena di seponti rata rata itu mereka menyelesaikan persoalan air bersih ini hanya ditingkar desa saja. Maka pemerintah daerah merasa terbantu dengan aparat desa dan kecamatan di Seponti. Maunya kita di semua Kecamatan bisa mencontoh,” harapnya.

 

Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: