Bupati Dadi Sunarya Buka Kegiatan Konsultasi Publik Rancangan Awal RKPD Tahun 2023

  • Bagikan
Bupati Melawi H Dadi Sunarya Usfa Yursa didampingi Wakil Bupati Melawi Kluisen membuka secara resmi kegiatan konsultasi publik rancangan awal Rencana Kerja Perangkat Daerah (RKPD) Kabupaten Melawi Tahun 2023, Rabu (12/1/2021) di Aula Kantor Bupati Melawi. (Istimewa)

MELAWI, insidepontianak.com – Bupati Melawi H Dadi Sunarya Usfa Yursa didampingi Wakil Bupati Melawi Kluisen membuka secara resmi kegiatan konsultasi publik rancangan awal Rencana Kerja Perangkat Daerah (RKPD) Kabupaten Melawi Tahun 2023, Rabu (12/1/2021) di Aula Kantor Bupati Melawi.

Hadir juga pada kegiatan tersebut Wakil Ketua DPRD Kabupaten Melawi Hendegi Januardi Usfa Yursa, Kapolres Melawi, LO Kodim 1205/Sintang, Sekretaris Daerah Kabupaten Melawi, Para Kepala OPD, Para Camat, Tokoh Masyarakat.

Bupati Melawi H Dadi Sunarya Usfa Yursa mengatakan pelaksanaan forum konsultasi publik merupakan amanat dari Permendagri nomor 86 tahun 2017 tentang Tata Cara Perencanaan, Pengendalian dan Evaluasi Pembangunan Daerah dengan tetap mengacu kepada RPJMN tahun 2019-2024, RPJMD Provinsi Kalimantan Barat tahun 2019-2024, dan RJMPD Kabupaten Melawi tahun 2021-2026.

Bupati juga meminta kepada setiap OPD dalam penyusunan RKPD Tahun 2023 untuk benar-benar memperhatikan rancangan awal Renja OPD nya masing-masing agar apa yang dianggarkan sesuai dan tepat sasaran sesuai visi dan misi Bupati dan Wakil Bupati Melawi.

“Dari Visi dan Misi yang telah ditetapkan yaitu mewujudkan Kabupaten Melawi yang adil, pantas, hebat, yang berlandaskan gotong royong, kami rumuskan Kembali ke dalam setiap program dan kegiatan yang ada di setiap OPD Kabupaten Melawi agar pelaksanaan pembangunan daerah sejalan dengan apa yang telah direncanakan,” ungkapnya.

Bupati Dadi Sunarya menjelaskan arah kebijakan Pemerintah Kabupaten Melawi untuk tahun 2023 yaitu mengembangkan sentra ekonomi bidang pertanian, perikanan, pangan, perkebunan, dan pariwisata melalui pengembangan Kawasan pertumbuhan dengan iklim investasi dan pemberdayaan ekonomi kerakyatan.

Selanjutnya dengan menguatkan pembangunan ekonomi sosial yang berwawasan lingkungan dengan berlandaskan pelestarian budaya, kearifan lokal, dan keharmonisan sosial.

“Saya harapkan kepada seluruh OPD agar Menyusun rancangan awal rencana kerja OPD yang mendukung tema dan arah kebijakan untuk tahun 2023 dengan menyesuaikan program dan kegiatan serta pendanaan yang mengacu kepada proyeksi anggaran tahun 2023,” tutupnya.

Plt Kepala Bappeda Kabupaten Melawi, Imansyah dalam laporannya menyampaikan kegiatan konsultasi publik rancangan awal RKPD Kabupaten Melawi tahun 2023 diselenggarakan untuk menghimpun masukan dan saran dari pemangku kepentingan serta pokok-pokok pikiran Anggota DPRD Kabupaten Melawi.

Dalam kesempatan yang sama, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Melawi, Hendegi Januardi Usfa Yursa meyambut baik diselenggarakannya agenda kegiatan konsultasi publik rancangan awal RKPD Tahun 2023.

Menurutnya, kegiatan forum konsultasi publik tersebut memiliki peran dan poin strategis dalam penyampaian dokumen hasil penelaahan pokok-pokok pikiran DPRD yang merupakan daftar permasalahan berupa saran dan pendapat yang didasarkan pada hasil penyerapan aspirasi melalui reses.

“Dengar pendapat dengan mitra kerja OPD, dan kunjungan kerja anggota Dewan serta telah disinkronkan dengan prioritas pembangunan,” tuturnya.

 

Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: