Ratusan Desa di Kalbar Masih Belum Tersentuh Listik PLN

  • Bagikan
Peresmian Listrik di Subah Sambas
GM PLN Kalbar, Ari Dartomo dan Bupati Sambas, Satono saat meresmikan penerangan listrik warga di Subah, Kamis (13/1/2022). (Humas Pemkab Sambas)

SAMBAS, insidepontianak.com – General Manager (GM) PLN Kalbar, Ari Dartomo mengatakan, masih banyak desa dan dusun di Kalbar yang belum teraliri listrik. Jika dihitung, jumlahnya mencapai 470 desa lebih. Ada juga desa yang sudah teraliri listrik, namun belum menjangkau ke dusun-dusun secara merata.

“Kalau untuk desa, angkanya bisa mencapai 470 lebih, belum lagi dusun-dusunnya, bisa ribuan dusun karena belum kita hitung. Artinya, kita sedang berupaya menyelesaikan masalah kebutuhan listrik bagi setiap desa dan dusun di Kalbar,” kata Ari Dartomo, saat meresmikan penerangan listrik di Subah, Kamis (13/1/2022).

Dia pun menegaskan, PLN perlu dukungan dalam hal anggaran. Agar bisa secepatnya menyelesaikan kebutuhan listrik untuk seluruh desa dan dusun di Kalbar. Tantangan lain adalah, setiap desa dan dusun yang butuh penerangan listrik PLN, punya karakteristik berbeda-beda. Ada yang berada di wilayah terpencil, dan ada juga yang berada di wilayah perbatasan.

“Kalau di sini (Desa Madak dan Balai Gemuruh), cukup mudah dijangkau, walaupun perlu perjuangan untuk sampai ke sini, tapi di tempat lain ada yang sangat jauh sekali. Di mana kita butuh sumber energi yang lain. Karena kita harus terus mengembangkan UPT, di setiap kabupaten dan kota,” katanya.

Menurutnya, untuk mewujudkan penerangan listrik PLN yang merata di setiap desa dan dusun di Kalbar, butuh dukungan pemerintah dan seluruh stakeholder. Karena PLN tidak bisa bekerja sendiri tanpa sinergitas pemerintah dan masyarakat.

“Sepanjang koordinasi kita baik dengan pemerintah dan masyarakat, sebenarnya tidak ada kendala yang berarti. Kita harus menyelesaikan tugas ini dengan baik dengan dukungan semua pihak,” pungkasnya.

Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: