Sabtu, Februari 24, 2024
BerandaRagamUntan Pontianak Ditunjuk Jadi Tuan Rumah KKN Kebangsaan 2023, Harap Bisa Dibuka...

Untan Pontianak Ditunjuk Jadi Tuan Rumah KKN Kebangsaan 2023, Harap Bisa Dibuka Presiden Jokowi

PONTIANAK, insidepontianak.com – Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) lewat Dirjen Dikti menunjuk Universitas Tanjungpura atau Untan Pontianak sebagai tuan rumah penyelenggara Kuliah Kerja Nyata atau KKN Kebangsaan ke-XI tahun 2023.

Sebelumnya, ada tiga Universitas yang mengajukan diri menjadi tuan rumah KKN Kebangsaan ke-XI tahun 2023.

Yaitu, Universitas Negeri Makassar, Universitas Esa Unggul, dan Universitas PGRI Semarang. Namun akhirnya, Universitas Tanjungpura Pontianak yang terpilih.

Untuk diketahui, tahun lalu, KKN Kebangsaan ke-X digelar di Universitas Palangka Raya. KKN Kebangsaan sendiri pertama kali digelar pada tahun 2013 di Universitas Hasanuddin.

Dilansir dari berbagai sumber, KKN Kebangsaan disebutkan menjadi salah satu wadah komunikasi, pertukaran ide serta jejaring awal bagi mahasiswa se-tanah air.

Tujuannya untuk mempersiapkan dan mematangkan diri sebagai calon-calon pemimpin bangsa di masa yang akan datang.

Baca Juga: Link Nonton Denmark vs Tunisia pada Piala Dunia Qatar 2022, Mimpi Yousseff Msakni Terwujud

KKN Kebangsaan akan mendatangkan mahasiswa dari seluruh Indonesia yang dipilih berdasarkan hasil seleksi dari kampus masing-masing.

Mahasiswa ini nantinya akan mengikuti kegiatan KKN Kebangsaan selama satu bulan di Kalbar.

“Kami berharap yang membuka KKN Kebangsaan ke-XI nanti Bapak Presiden Jokowi,” kata Dr Erdi Abidin selaku salah satu panitia KKN Kebangsan ke-XI dari Universitas Tanjungpura.

Untuk itu, Dosen Fisip ini memastikan, panitia yang terlibat dalam program KKN Kebangsaan ke-XI sejak sekarang sudah mulai melakukan komunikasi dengan Kemendikbudristek untuk mengagendakan jadwal Presiden Jokowi.

Baca Juga: Piala Dunia Qatar 2022, Arab Saudi Berhasil Kalahkan Argentina, Skor 2-1

Erdi menyebut, lokasi kegiatan KKN Kebangsaan ke-XI di Kalbar telah ditetapkan di dua wilayah. Pertama yaitu di Kabupaten Sambas, dan kedua di Kabupaten Bengkayang.

“Tadinya tiga kabupaten di Sanggau. Tapi Sanggau tidak berani karena masa jabatan Bupatinya sudah selesai di 2023,” ucap Erdi.

Di sisi lain, Edri juga berharap dua Pemda yang akan menjadi tempat pelaksanaan kegiatan KKN Kebangsaan ke-XI berperan aktif ikut menyukseskan kegiatan ini.

“Pemda diharap berpartisipasi melalui sharing pendanaan,” harapnya.

Baca Juga: Kemenko PMK Prioritaskan Kesehatan Pengungsi Korban Gempa Cianjur

Menurut Erdi, ada banyak manfaat yang didapat pemerintah daerah dalam kegiatan KKN Kebangsaan ke-XI tahun 2023.

“Keuntungan bagi Pemda, program yang sudah dilaksanakan KKN kebangsaan bisa ditinggalkan untuk warga,” katanya.

Contoh di perbatasan rawan penyeludupan narkotika. Nanti mahasiswa besama warga akan membangun pos siaga. Sehingga ketika kegiatan sudah selesai bisa dilanjutkan oleh Pemda.

Erdi memperkirakan pelaksanaan kegiatan KKN Kebangsaan ke-XI yang dituanrumahi Universias Tanjungpura akan digelar sekitar September 2023.

Pesertanya merupakan mahsiswa perwakilan BEM dari kampus masing-masing yang terpilih berdasarkan kreteria tertentu.

Baca Juga: Optimalisasi Pengelolaan Pelaporan Kesehatan, RSUD Abdul Aziz Singkawang Luncurkan Aplikasi Silapor

“Sehingga mereka merupakan mahasiswa ideal yang diharapkan bisa memberikan kemajuan bagi daerah yang menjadi tujuan KKN,” katanya.

Erdi menambahkan, penunjukan Universitas Tanjungpura sebagai tuan rumah penyelenggaran KKN Kebangsaan merupakan suatu prestasi yang membanggakan.

Pasalnya, kegiatan ini berskala nasional. Tak semua Universitas mendapat kesempatan ini.

“Keuntungan lain, nama Universitas Tanjungpura bisa semakin dikenal oleh seluruh kampus di seluruh Indonesia,” ujar Erdi.***

RELATED ARTICLES

Berita Populer