Senin, Februari 26, 2024
BerandaPendidikanUnisma Bedah Kajian Aswaja Bersama Gus Kautsar

Unisma Bedah Kajian Aswaja Bersama Gus Kautsar

MALANG, insidepontianak.com – Universitas Islam Malang atau Unisma kembali melaksanakan kegiatan Mbalah Aswaja, dengan menghadirkan KH Muhammad Abdurrahman Al Kautsar atau Gus Kautsar, di Masjid Ainul Yaqin, Rabu (18/1/2022) .

Mbalah Aswaja berarti ‘membedah’. Dalam hal ini yang dibedah adalah kajian Aswaja dalam berbagai aspek.

Kegiatan Mbalah Aswaja kali ini mengusung tema: Aqidah Ahlussunnah Wal Jama’ah An Nahdliyah dan Kearifan Lokal dalam Membangun Generasi yang Bermoral dan Bermartabat.

Rektor Unisma, Prof Maskuri menyampaikan, kedatangan dari putra putra dari KH Nurul Huda Djazuli ini tentunya dapat memberikan pencerahan dan petunjuk atau guide dalam kehidupan, utamanya dalam hal membangun budaya dan peradaban.

“Budaya dan peradaban dibangun modalnya adalah moral. Rasulullah SAW pernah bersabda, di dalam membangun kehidupan sendi-sendi yang pertama di bangun adalah moral,” terangnya.

Lebih lanjut, Prof Maskuri menjelaskan, Indonesia tidaklah cukup dengan orang-orang yang mempunyai intelektual semata dalam membangun budaya dan peradaban.

Namun, kembali ditegaskannya, jika memiliki moralitas atau akhlak yang baik menjadi sebuah hal yang sangat penting.

“Moralitas ini ada di semua aspek kehidupan, baik dalam kehidupan keluarga, maupun dalam kehidupan lainnya. Dengan memiliki moralitas yang baik, maka tatanan kehidupan akan baik,”ungkapnya.

Untuk itulah, pihaknya menegaskan agar para lulusan Unisma haruslah memiliki moralitas serta menjadi seorang intelektual yang ulama dan ulama yang intelek. Sehingga, bukan saja memiliki kecerdasan, namun juga bermoral.

Sementara itu, Gus Kautsar menyampaikan tausyiah dengan bahasan yang sama. Ditegaskannya, moral merupakan hal yang sangat penting dan harus dimiliki. Dalam kehidupan, paling penting adalah sebuah akhlak.

“Sama seperti yang dikatakan Rektor, kehidupan rumah tangga, pendidikan, budaya dan sendi kehidupan lainnya membutuhkan moral. Dan kembali lagi, kunci semuanya adalah moral,” paparnya.

Lebih dari itu, kehadiran Islam tentunya membuat dunia semakin aman dan membawa kemaslahatan bagi umat.

Islam pun telah memerintahkan agar seseorang selalu menjalankan perintah Allah SWT. Islam pun mengajarkan hal baik yang itu harus teraplikasi dalam kehidupan.

“Ketika seseorang memperlakukan orang lain sebagaimana dia ingin diperlakukan. Harusnya bumi ini dengan keberadaan Islam, semakin aman,” pungkasnya.***

RELATED ARTICLES

Berita Populer