Jumat, Maret 1, 2024
BerandaKalbarSambasJembatan Gantung yang Putus di Gelamak Pangkalan Kongsi Selesai Diperbaiki, Bupati Satono...

Jembatan Gantung yang Putus di Gelamak Pangkalan Kongsi Selesai Diperbaiki, Bupati Satono Minta Masyarakat Jaga dan Rawat

SAMBAS, insidepontianak.com -Jembatan gantung di Gelamak, Desa Pangkalan Kongsi, Kecamatan Tebas, Kabupaten Sambas, Provinsi Kalbar yang putus akibat kelebihan beban pada 10 November 20222 selesai diperbaiki dan kini sudah bisa dilalui masyarakat, Sabtu 28/1/2023.

Bupati Sambas, Satono berpesan kepada masyarakat setempat untuk menjaga dan merawat jembatan tersebut agar awet dan manfaatnya dapat dirasakan dalam waktu yang lama.

“Saya dapat laporan dari Camat Tebas bahwa pekerjaan perbaikan jembatan di Gelamak yang putus beberapa waktu lalu sudah rampung. Masyarakat sudah bisa melalui jembatan gantung tersebut dengan leluasa. Saya minta tolong dijaga dan dirawat,” katanya.

Bupati Satono berpesan kepada masyarakat setempat termasuk Camat Tebas dan Kepala Desa Pangkalan Kongsi, jika ada muatan yang terlalu berat agar tidak melewati jembatan gantung tersebut.

Sementara itu, Camat Tebas, Dedy Zulkarnain mengatakan, dari pantauan terakhir mereka yakni Rabu 25 Januari 2023 siang, progres pekerjaan jembatan gantung di Gelamak tersebut sudah mencapai 99 persen.

“Hari Selasa malam Rabu jembatan tersebut sudah dibuka oleh pelaksana pekerjan untuk digunakan oleh masyarakat. Pelaksana hanya tinggal melakukan finishing seperti pengecatan saja,” katanya.

Dedy Zulkarnain menjelaskan asal-usul bahwa jembatan gantung di Gelamak, Desa Pangkalan Kongsi tersebut dibangun oleh Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Republik Indonesia tahun 2010.

“Setelah dibangun jembatan gantung itu diserahkan ke Pemerintah Kabupaten Sambas untuk pemeliharaannya. Makanya ketika putus, maka jembatan gantung itu diperbaiki oleh Pemda Sambas,” pungkasnya.

RELATED ARTICLES

Berita Populer