Selasa, Maret 5, 2024
BerandaKalbarSambasBanjir di Sambas Bukan Salah Pemerintah, Bupati Satono: Curah Hujan Tinggi di...

Banjir di Sambas Bukan Salah Pemerintah, Bupati Satono: Curah Hujan Tinggi di Seluruh Kalbar

SAMBAS, insidepontianak.com -Bupati Sambas, Satono merasa prihatin dengan kondisi banjir yang melanda sejumlah desa di Kabupaten Sambas. Dia meminta masyarakat agar bersabar menghadapi musibah tahunan tersebut, Senin (30/1/2023).

“Banjir yang terjadi hari ini akibat faktor cuaca, di mana curah hujan yang sangat tinggi terjadi hampir di seluruh Provinsi Kalbar. Saya sangat prihatin dan dengan rendah hati minta masyarakat untuk bersabar dulu,” katanya.

Bupati Satono mengatakan, banjir dapat merembet ke masalah lain jika masyarakat tidak tenang menghadapinya. Untuk itulah, dia minta masyarakat waspada dan selalu siaga.

“Di saat kondisi banjir ini anak-anak kita tolong di jaga, jangan sampai karena kelalaian kita menjadi penyebab datangnya kemalangan dan membuat kita menyesal,” katanya.

“Selain itu, saya imbau masyarakat yang rumahnya terendam banjir untuk waspada terhadap hewan-hewan berbisa yang biasanya naik ke rumah karena habitatnya terendam banjir,” sambungnya.

Bupati Satono mengatakan, dirinya dan unsur Forkopimda Kabupaten Sambas sudah melakukan peninjauan langsung untuk melihat kondisi banjir di sejumlah kecamatan dan desa.

Peninjauan langsung tersebut dilakukan guna mengetahui secara ril masalah yang ada di lapangan. Sehingga langkah-langkah pencegahan dan mitigasi bencana ke depannya bisa dipersiapkan.

“Untuk sementara hasil peninjauan yang kami lakukan, kondisi banjir di setiap kecamatan dan desa berbeda-beda, terutama debit air dan jumlah warga terdampak. Sebagai langkah cepat, kita langsung salurkan bantuan pangan,” pungkasnya. (Yak)

RELATED ARTICLES

Berita Populer