Kamis, Februari 22, 2024
BerandaKalbarKetapangMeriahkan Cap Go Meh 2023, Naga 42 Meter Bakal Keliling Kota Ketapang

Meriahkan Cap Go Meh 2023, Naga 42 Meter Bakal Keliling Kota Ketapang

KETAPANG, insidepontianak.com – Naga dengan panjang 42 meter dengan diameter 1,7 meter siap mengelilingi kota Ketapang pada puncak perayaan Cap Go Meh pada Minggau 5 Februari 2023.

Majelis Adat Budaya Tionghoa atau MABT Kabupaten Ketapang, Susilo Aheng menjuluki naga sepanjang 42 meter itu sebagai naga raksasa.

Sebab, bila dilihat ukuran kepala saja, besarnya hampir sama dengan naga yang ada di film-film laga mandarin.

“Kami menyebutnya naga raksasa, naga ini akan dimainkan pada puncak perayaan Cap Go Meh pada hari Minggu 5 Februari ini,” Susilo Aheng, Kamis (2/2/2023).

Menariknya lagi, naga raksasa itu bakal  dimainkan oleh personel TNI/Polri, anggota Satpol PP, dan anggota BPBD, Pemuda Pancasila termasuk anggota Banser.

Para pemain naga itu disipakan sebanyak 100 orang. Jumlah ini sangat banyak mengingat berat dan ukurannya yang cukup besar.

“Ini cukup berat, mungkin nanti mainnya akan bergantian, kita siapkan ratusan orang pemain naga, jika dimainkan pada malam hari, naga ini akan dipenuhi dengan cahaya lampu,” papar Aheng.

Aheng menambahkan, selain naga raksasa, akan ada lima ekor naga lainnya yang akan beratraksi di puncak perayaan Cap Go Meh 2023 di kota Ketapang.

Pemainnya tak hanya dari warga Tionghoa saja, namun juga dari lintas etnis. Naga raksasa sendiri sengaja dibuat dan didatangkan langsung dari semarang Jawa Tengah.

“Secara total, bakal ada 6 ekor naga yang akan beratraksi pada perayaan Cap Go Meh, selain itu juga ada 48 tatung dan 20 kendaraan hias,  termasuk pawai lampion dan barongsai,” paparnya.

Karena sudah beberapa tahun vakum akibat dari pandemi Covid-19, Susilo Aheng memprediksi bakal ada ledakan jumlah penonton pada hari puncak perayaan Cap Go Meh.

Karena itu ia pun mengimbau warga Ketapang agar tetap tertib dalam menyaksikan ritual dan pawai naga nantinya.

“Kami yakin bakal banyak warga yang menonton, jadi kami imbau warga tetap tertib, aman demi kelancaran acara di Kabupaten Ketapang yang kita cintai,” pesannya.

RELATED ARTICLES

Berita Populer