Senin, Februari 26, 2024
BerandaKalbarKetapangRibuan Warga Ketapang Padati Perayaan Cap Go Meh, Wabup Farhan Bangga Toleransi...

Ribuan Warga Ketapang Padati Perayaan Cap Go Meh, Wabup Farhan Bangga Toleransi Terjaga

KETAPANG, insidepontianak.com – Ribuan masyarakat padati sepanjang jalan Kota Ketapang menyaksikan atraksi iring-iringan naga dan barongsai di perayaan Cap Go Meh 2023, Minggu (5/2/2023) malam.

Perayaan Cap Go Meh kali ini berlangsung meriah. Sebab dua tahun belakangan tak ada kegiatan karena pandemi Covid-19.

Salah satu warga Ketapang Riska mengaku takjub dengan pertunjukan naga-naga dan barongsai. Pertunjukan itu dianggap sangat menghibur.

Demi menonton perayaan Cap Go meh, Riska memboyong semua keluarganya turun ke jalan untuk menyaksikan pertunjukan naga dan barongsai.

“Kami datang lebih awal biar bisa cari tempat dan tak kena macet,” ujarnya.

Terpisah, Wakil Bupati Ketapang Farhan yang melepas Pawai Cap Go Meh Tahun Baru Imlek 2574 di Klenteng Tua Pek Kong Ketapang, Minggu (5/2/2023) malam memberikan apresiasi kepada Yayasan Tri Dharma dan Panitia Ca Go Meh tahun 2023.

“Malam hari ini tentu malam yang  berbahagia bagi umat konghucu yang telah melaksanakan perayaan imlek dan malam ini Cap Go Meh. Ini tentu merupakan kegiatan keagamaan dan tradisi yang turun temurun,” ujar Farhan.

Lebih lanjut, diakui Farhan,  masyarakat Ketapang menyambut baik dan memberikan toleransi kehidupan beragama dalam mengembangkan tradisi yang merupakan khasanah dari budaya Kabupaten Ketapang.

“Budaya seperti ini tentu dapat dikembangkan terus dari waktu-kewaktu dan kita harus akui dua tahun lalu karena ada covid-19 tidak dapat kita laksanakan. Oleh karena itu pada tahun ini kita melaksanakan kegiatan ini dan disambut meriah oleh masyarakat,” tuturnya.

Selain itu menurut Wabup kegiatan ini dapat terkalender menjadi kegiatan pariwisata, jadi para wisatawan dapat menyaksikan acara Cap Go Meh.

“Kegiatan menjadi sebuah kebangkitan secara terus menerus Kabupaten Ketapang, hingga ini juga dapat memberikan dampak ekonomi kepada masyarakat,” ucapnya.

Ia juga berpesan, agar masyarakat menjaga ketertiban dan keamanan terutama berlalu lintas dan memberikan toleransi serta kesempatan kepada umat konghucu dalam memperingati Cap Go Meh.

“Semoga kita semua selalu diberikan kesehatan, kemurahan rejeki dan umur yang yang panjang sehingga kita dapat bertemu kembali di acara Cap Go Meh pada tahun yang akan datang,” harapnya.***

RELATED ARTICLES

Berita Populer