Sabtu, Februari 24, 2024
BerandaKalbarLandakSekda Landak: Mari Bersatu Meningkatkan Profesionalisme dalam Pelayanan Kerja

Sekda Landak: Mari Bersatu Meningkatkan Profesionalisme dalam Pelayanan Kerja

Insidepontianak.com – Sekretaris Daerah Kabupaten Landak Vinsensius, mewakili Pj. Bupati Landak bertindak sebagai Pembina Upacara pada Upacara Hari Kesadaran Nasional, Jumat (17/02/2023).

Dalam amanat yang disampaikan Sekda Landak Vinsensius menekankan seluruh pegawai di lingkungan Pemerintah Kabupaten Landak senantiasa adil dan berakhlak sejalan dengan Pancasila sila kedua ‘Kemanusiaan yang Adil dan Beradab’.

“Pegawai negeri masih selalu dinilai rendah karena bisa menambah untuk dirinya, mengurangi untuk orang lain, dan mengalikan untuk dirinya, serta elalu nilai nol jika membagi. Pada kesempatan ini kiranya dibenak masing-masing pegawai, ASN, PPPK, dan PTT, kita semua sama-sama manusia, dan jadilah manusia yang adil dan berakhlak,” ujar Vinsensius.

Lebih lanjut Vinsensius berpendapat bahwa dilaksanakannya Upacara Kesadaran Nasional ini salah satu indikatornya adalah karena kita tidak sadar.

“Tidak sadar disini adalah orang yang tidak tahu diri, tidak tahu diri sebagai pelayan, Tetapi hari ini, pada upacara Kesadaran Nasional yang kita laksanakan di Kabupaten Landak seperti yang dilaksanakan oleh kabupaten, kota, provinsi dan juga pusat pada waktu yang bersamaan, saya mengucapkan terimakasih kepada kita semua yang hadir karena kita tahu diri,” tukas Vinsensius.

Vinsensius mengatakan salah satu poin Panca Prasetya Korps Pegawai Republik Indonesia adalah menegakkan kejujuran, keadilan dan disiplin serta meningkatkan kesejahteraan dan profesionalisme.

“Dalam poin tersebut, bagaimana upaya kita secara berjenjang meningkatkan kesejahteraan para staf. Kita adalah satu keluarga yang sama-sama melakukan pelayanan kepada masyarakat secara profesional,” paparnya.

“Bagaimana kita melaksanakan pelayanan masyarakat jika tidak sejahtera. Salah satu cara kita untuk meningkatkan kesejahteraan adalah meningkatkan profesionalisme kita,” sambung Vinsensius.

Sekda Landak Vinsensius itu juga menjelaskan bahwa pada saat ini Pemerintah Kabupaten Landak sedang mengemas sebuah sistem antara lain adalah sistem merit.

“Sistem merit ini adalah kunci agar kita bisa sedikit lebih baik dalam kehidupan dan dalam pelayanan. Sebenarnya sistem merit ini sudah lama, tapi karena berbagai kendala, kemudian berbagai tahapan proses yang harus dilalui memerlukan waktu bagi kita untuk menyiapkannya,” terangnya.

Ia berharap semua pegawai yang ada di lingkungan Pemerintah Kabupaten Landak sesuai dengan jenjangnya masing-masing untuk kompak bersatu padu untuk bersama-sama meningkatkan profesionalisme dan bersama-sama mengamankan kebijakan agar senantiasa tetap sejahtera.

“Kebersamaan ini kata kuncinya adalah kita harus saling terbuka, jujur, kebersamaan, dan kekeluargaan. Percayalah bahwa apa yang kita lakukan dengan rasa syukur, berdoa, dan berusaha akan dikabulkan atau direstui oleh Tuhan Yang Maha Kuasa,” ucap Vinsensius.

Tidak lupa Vinsensius berpesan kepada semua pegawai di lingkungan Pemerintah Kabupaten Landak mampu melayani diri sendiri dengan disiplin sebelum bisa melayani lingkungan dan orang lain.

“Sekiranya kita sebagai pelayan semakin sadar bahwa kita adalah pelayan yang paling utama adalah kita melayani diri kita sendiri dengan disiplin, dengan mencatat kinerja kerja kita dari masuk sampai pulang, hal Itu sudah termasuk disiplin akan diri sendiri,” ujarnya.

“Kemudian barulah kita bisa memberikan pelayanan yang profesional kepada masyarakat. Sebelum kita bisa melayani diri sendiri, kita tidak bisa melayani lingkungan dan orang lain,” tutup Vinsensius.*** (rls)

 

RELATED ARTICLES

Berita Populer