Jumat, Maret 1, 2024
BerandaGaya HidupBedah Tuntas Jeroan Samsung Galaxy S23 Ultra: Smartphone Korea yang Bisa Jadi...

Bedah Tuntas Jeroan Samsung Galaxy S23 Ultra: Smartphone Korea yang Bisa Jadi Powerbank!

Probolinggo, Insidepontianak.com – Berevolusi dari smartphone generasi sebelumnya, yaitu Galaxy S22, Samsung Galaxy S23 Ultra mengalami revolusi terbaru pada bidang chipset.

Selayaknya mengikuti perkembangan trend smartphone elit flagship tahun 2023, Samsung Galaxy S23 Ultra juga mengambil kesempatan dengan dibekali mesin Snapdragon 8 Gen 2 For Galaxy.

Meski demikian, kata ‘For Galaxy’ yang disematkan berbeda dengan chipset seri smartphone Galaxy S23 saudara kandungnya. Hanya Samsung Galaxy S23 Ultra lah yang mendapatkan keistimewaan khusus.

Dengan dipersenjatai sebuah lensa utama beresolusi 200 MP, Samsung Galaxy S23 Ultra menjadi smartphone pertama yang bisa menggantikan kamera profesional.

Sebenarnya terdapat empat macam kamera lain yang juga ikut dibawa. Lensa selfie Samsung Galaxy S23 Ultra memiliki resolusi 12 MP.

Tiga lainnya menemani kamera utama tadi, lensa sanpingan ini terdiri daru dua telephoto dengan resolusi sama 10 MP. Sedangkan penembak luas hingga 120 derajat dilakukan oleh kamera Ultra Wide 12 MP.

Daya tarik Samsung S23 Ultra juga terdapat pada bagian memorinya, terdapat tiga macam penyimpanan internal dengan besaran RAM yang sama.

Pertama diisi oleh oleh storage dengan luas 256 GB, khusus RAM yang menemani sebesar 12 GB. Harga yang dibandrol berupa 20 juta.

Kedua diperankan oleh RAM dengan tampungan sebesar 12 GB, yang kemudian dibalut oleh memori internal seluas 512 GB. Harga varian ini lebih tinggi dari yang pertama, tepatnya di tarif Rp 22 juta.

Masih ada satu jenis lagi yaitu storage paling luas berupa 1 TB, serta didampingi oleh satuan RAM sebesar 12 GB. Harga opsi terakhir ini dibandrol dengan Rp 26 juta.

Untuk pertama kali di kelas elit flagship, rupanya Samsung Galaxy S23 Ultra yang membuat terobosan terbaru berupa memori internal 1 TB.

Kegiatan gaming atau aplikasi berat lainnya dapat berjalan mulus pada Samsung Galaxy S23 Ultra. Sebagaimana telah disinggung di atas, smartphone ini memiliki mesin yang diotaki oleh Qualcomm Snapdragon 8 Gen 2 For Galaxy.

Revolusi progresiv dalam bidang prosesor ini berupa fabrikasi 4 nm, yang mana dihasilkan dari GPU berupa Adreno 740.

Pada prosesornya, terdapat empat kelompok CPU yang bisa ditemui. Klaster pertama berupa Cortex-X3 dengan kecepatan hingga 3,36 GHz, kedua diinisiasi oleh Cortex-A17 yang mempunyai clockspeed mencapai 2,8 GHz.

Kedua dan ketiga kelompok CPU itu berupa Cortex-A710 dengan kecepatan 2.8 GHz, serta terakhir ditempati oleh Cortex-A510 secepat clock 2.0 GHz.

Bila dibandingkan dengan baterai Galaxy S23 lainnya, kepunyaan Samsung Galaxy S23 Ultra yang terbesar. Kapasitas baterai smartphone ini sebesar 5.000 mAh.

Ketika mengisi ukang, Samsung Galaxy S23 Ultra hanya perlu waktu sebentar. Pasalnya sistem fast charging kabel berdaya 45 Watt telah tersedia, sedangkan melalui mode wireless dayanya berupa 10 Watt.

Keunikan lain pada ponsel pintar ini bisa dijadikan powerbank, sehingga dalam keadaan genting smartphone teman sangat terbantu dengan daya reverse 4.5 Watt. ***

(Penulis: Dzikrullah)

RELATED ARTICLES

Berita Populer