Jumat, Maret 1, 2024
BerandaInternasionalXi Jin Ping Bertemu Raja Norodom Sihamoni, Jaga Persahabatan China-Kamboja

Xi Jin Ping Bertemu Raja Norodom Sihamoni, Jaga Persahabatan China-Kamboja

insidepontianak.com –Presiden China, Xi Jinping didampingi istri Peng Liyuan menerima kunjungan kenegaraan Raja Kamboja Norodom Sihamoni beserta ibu suri Norodom Monineath Sihanouk di Beijing, Jumat 24/2/2023.

Mengutip Antara, Xi Jin Ping menyatakan bahwa hubungan diplomatik China-Kamboja yang berlangsung selama 65 tahun tidak lekang oleh perubahan situasi global.

“Hal ini karena persahabatan mendalam yang dibina oleh generasi pemimpin China terdahulu dan mantan Raja Norodom Sihanouk,” kata pemimpin tertinggi Partai Komunis China (CPC) itu.

Pada 2020, China menganugerahkan Medali Persahabatan kepada ibu suri yang menurut Xi sebagai bentuk terima kasih atas kontribusinya dalam menjaga persahabatan China-Kamboja.

“Kita telah mengambil alih tongkat estafet agar persahabatan yang erat antara kedua negara bisa terus diwariskan dari generasi ke generasi dan menapaki babak baru komunitas China-Kamboja menatap masa depan bersama,” katanya.

Sementara itu, Raja Sihamoni beserta istri sangat kagum dan bangga atas pembangunan yang telah dicapai China.

“Kamboja mengapresiasi Prakarsa Sabuk Jalan dan konsep pembangunan komunitas bersama,” ucapnya.

Pihaknya siap meningkatkan kerja sama dengan China di berbagai bidang dan mewariskan persahabatan kedua negata dari generasi ke generasi. ***

RELATED ARTICLES

Berita Populer