Sabtu, Februari 24, 2024
BerandaKalbarKayong UtaraPemkab Kayong Utara Dorong Budidaya Kopi Liberika Dikembangkan

Pemkab Kayong Utara Dorong Budidaya Kopi Liberika Dikembangkan

KAYONG UTARA, insidepontianak.com – Pemerintah Kabupaten Kayong Utara, terus berupaya melakukan pengembangan lahan penanaman kopi liberika di Desa Podorukun dan Desa Seponti.

Potensi tanaman kopi liberika di dua desa itu diharap bisa menjadi komuditas unggulan. Sehingga, bisa memberikan nilai tambah ekonomi bagi masayarakat setempat.

Bupati Kayong Utara Citra Duani meminta petani kopi di Desa Podurukun dan Seponti serius membudidayakan kopi liberika ini. Sebab, mempunyai peluang ekonomi yang cukup baik.

Bahkan, Pemerintah Kabupaten Kayong Utar telah membranding kopi liberika hingga ke manca negara.

“Kita jaga pertanian berkelanjutan. Saya sudah mengeluarkan Perbup tentang perlindungan pertanian berkelanjutan untuk masa depan petani Kayong Utara,” ucap Bupati Citra di kegiatan FGD bersama Petani Kopi Liberica Kabupaten Kayong Utara, Jumat (24/02/2023).

“Saya yakin, jika masyarakat benar-benar kompak, maka ke depan sektor pertanian khususnya kopi liberika ini sangat menjanjikan,” sambungnya.

Di momen itu, Bupati Citra juga menyampaikan kabar baik soal banyaknya dukungan berbagai pihak dalam pengembangan komuditas kopi liberika Kayong Utara.

Bahkan, dukungan itu datang dari tokoh nasional Oesman Sapta Odang atau OSO. Mantan ketua DPD RI itu kata Bupati Citra siap berinvestasi untuk mengembangkan kopi liberika, dengan mendirikan pabrik kopi di Kalimantan Barat.

“Kita dari hulu ke hilir, dan dari pabrik kopi kita dapat dukungan dari Pak OSO mendirikan pabrik dengan teknologi canggih dalam waktu dekat ini. Sehingga, kopi apapun bukan hanaya kopi liberika kita kembangkan,” ucap Bupati Citra.

Peluang ini harus ditangkap dengan baik oleh para petani. Caranya dengan serius melakukan pengembangan budi daya kopi.

Sementara Founder Kojal Coffee Plantation, Gusti Iwan Darmawan, berharap pemerintah Kabupaten Kayong Utara bisa bersama-sama membantu dalam pengembangan lahan pertanian yang ada.

“Mari kita berbuat bersama untuk Podorukun, semoga Kemenlu juga memberikan dukungan kepada kami,” harap Iwan Kojal sapaan akrabnya.

FGD bersama petani kopi liberica Kabupaten Kayong Utara itu turut diikuti Duta Besar RI, Prayono Atiyanto, sebagai pegiat diplomasi kopi Indonesia, Direktur Amerika II, Kementrian Luar Negeri RI, Darianto Harsono beserta jajaran hingga Steve Hidayat, selaku Dirut PT Selera Indah Perdana Pengusaha Kopi Jakarta.***

Abdul Halikurrahman
Abdul Halikurrahmanhttps://insidepontianak.com/redaksi/
Koordinator Liputan Insidepontianak.com
RELATED ARTICLES

Berita Populer