Selasa, Maret 5, 2024
BerandaNasionalPulau Serasan Perlu Lumbung Sosial, Menteri Sosial akan Bangun Segera untuk Mitigasi...

Pulau Serasan Perlu Lumbung Sosial, Menteri Sosial akan Bangun Segera untuk Mitigasi Bencana

NATUNA, insidepontianak.com –Menteri Sosial, Tri Rismaharini mengemukakan bahwa Pulau Serasan, Kabupaten Natuna, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) perlu mendirikan lumbung sosial sebagai upaya mitigasi bencana.

“Medannya sulit begini, nanti kita akan buat lumbung sosial, pak Kades bisa usulkan di sini, bukan batas berdasarkan administrasi wilayah, tapi batas berdasarkan geografis,” kata Menteri Risma saat mengunjungi pengungsi bencana tanah longsor di Desa Payak, Kecamatan Serasan Timur, melansir Antara, Jumat (10/3/2023).

Ia mengatakan lumbung sosial merupakan tempat pengungsian yang dilengkapi dengan makanan, pakaian, pempers, genset, dan solarsel sementara dengan daya 1000 watt.

“Kita akan siapkan itu, tadi saya melihatnya per pulau, tapi melihat kondisi seperti ini, desa ini perlu dapat seperti yang saya bangun di Luwu,” ujarnya.

Setelah mengunjungi Desa Payak, Risma mengatakan di Pulau Serasan tidak hanya satu tempat yang perlu dibangun lumbung sosial, namun perlu dilakukan pemetaan kebutuhan per wilayah tanpa melihat batas administrasi.

“Daerah ini terputus, di daerah-daerah terpencil memang harus disiapkan,” kata Risma.

Ia mengatakan warga setempat akan dilatih oleh Anggota Tanggap Bencana (Tagana) cara memasang tenda, mendirikan dapur umum sebagai upaya mitigasi bencana secara mandiri oleh masyarakat setempat.

“Nanti Tagana dan staf saya akan mengadakan pelatihan itu untuk mitigasi bencana mengurangi korban,” kata Risma.

Risma mengatakan setelah melihat kondisi Pulau Serasan dari udara masih terlihat hijau dan hutan lebat, artinya bencana tanah longsor memang karena faktor cuaca.

“Tadi, saya lihat dari atas pulaunya masih hijau hutan lebat, artinya memang karena faktor alam dipengaruhi cuaca, potensi bencananya ada, karena itu perlu ada mitigasi,” kata Risma.

Setelah berdiskusi bersama warga pengungsi, Risma meminta kepada Kepala Desa Payak untuk segera mengusulkan rencana pembuatan lumbung sosial agar segera direalisasikan. ***

RELATED ARTICLES

Berita Populer