Senin, Februari 26, 2024
BerandaKalbarSanggauBupati Paolus Hadi Tinjau Rumah Warga Terancam Roboh di Tanjung Sekayam, Pastikan...

Bupati Paolus Hadi Tinjau Rumah Warga Terancam Roboh di Tanjung Sekayam, Pastikan Segera Ditangani

SANGGAU, insidepontianak.com – Sedikitnya Sembilan rumah warga di Mungguk Malaria, Kelurahan Tanjung Sekayam, Kecamatan Kapuas, Kabupaten Sanggau terancam roboh.

Hal itu bisa dilihat dari beberapa bangunan rumah yang sebagian sudah mulai retak akibat tanah bergeser, baik yang berada di bawah maupun diatas.

Bupati Sanggau, Paolus Hadi yang meninjau lokasi kejadian menyampaikan panjang pergeseran tanah mencapai 150 meter. Akibat peristiwa itu, Sembilan rumah bergeser sehingga menimbulkan keretakan yang cukup parah.

Bupati Paolus Hadi mengingatkan warga yang berada di bawah rumah tersebut agar waspada.

“Kalau hujan turun jangan dulu ada yang didapur, sebaiknya didepan rumah karena sangat berbahaya,” pinta Bupati saat meninjau kelapangan, Minggu (12/3/2023).

Kepada pemilik rumah yang mengalami pergeseran tanah, Bupati meminta untuk mengosongkan rumah untuk sementara waktu.

“Saya minta kosongkan dulu rumahnya. Untuk perbaikan nanti kita pikirkan caranya bagaiamana. Semoga saja curah hujan sudah mulai reda sehingga tidak membuat kita khawatir,” ujarnya.

Dia memastikan penanganan tanah bergeser ini akan segera ditangani ahlinya. Jangan sampai penanganan yang dilakukan pihaknya bukan malahan menyelesaikan masalah, tapi menimbulkan masalah baru karena salah dalam penanganan.

“Yang jelas ahlinya nanti kita undang untuk membantu bagaimana penanganannya, karena mereka yang paham secraa tekhnis,” jelas Bupati.

Sementara itu, Sekretaris BPBD Kabupaten Sanggau, Budi Darmawan menyampaikan, pihaknya menyiapkan dana tanggap darurat untuk penanganan korban longsor. Dia pun akan segera berkoordinasi dengan lintas sektoral terkait untuk teknis penanganannya.

“Dalam waktu dekat kami akan segera koordinasi dengan dinas teknis terkait untuk penanganannya. Yang jelas persoalan pergeseran tanah ini harus ditangani ahlinya, agar tidak terulang kejadian serupa,” ungkapnya. (Candra)

RELATED ARTICLES

Berita Populer