Jumat, Maret 1, 2024
BerandaPendidikanMahasiswa FKUI Dapat Silver Medal Individu SIMPIC 2023 di Thailand

Mahasiswa FKUI Dapat Silver Medal Individu SIMPIC 2023 di Thailand

DEPOK, insidepontianak.com – Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) Stefen Weliadi Ali meraih Silver Medal untuk kategori individu pada ajang Siriraj International Medical Microbiology, Parasitology, and Immunology Competition (SIMPIC) 2023 di Thailand.

“Suatu kebanggaan bagi saya karena telah dipercaya menjadi delegasi FKUI dan dapat mengharumkan nama FKUI dengan meraih Silver Medal di ajang internasional ini,” kata Stefen Weliadi Ali dalam keterangannya, di Depok, Rabu (22/3/2023).

Stefen Weliadi Ali berharap adik-adik penerus yang akan menjadi delegasi SIMPIC tahun depan, dapat meraih pencapaian yang lebih baik lagi.

Stefen berhasil melalui beberapa tahap penilaian, seperti individual examination dan lomba per tim, sehingga ia menempati skor teratas dan meraih Silver Medal.

Ia menambahkan bahwa prestasi yang dicapainya tidak terlepas dari peran para pembimbing yang mendampingi selama persiapan maupun pelaksanaan lomba.

Mereka berasal dari Departemen Mikrobiologi FKUI yaitu Dr. dr. Yeva Rosana, Dr. dr. Mardiastuti HW, dr. Fera Ibrahim, Dra. Beti Ernawati Dewi, Fithriyah, dan dari Departemen Parasitologi FKUI dr. Yenny Djuardi.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada para dokter pembimbing yang telah meluangkan waktunya untuk mengajari kami terkait ilmu infeksi tropis, imunologi, parasitologi, dan mikrobiologi klinis. Terima kasih terkhusus kepada dokter Yeva selaku supervisor kami, karena telah membimbing sejak tahap persiapan hingga hari-H perlombaan di Thailand,” ujar Stefen.

SIMPIC 2023 merupakan penyelenggaraan yang ke-12 sejak diadakan pada 2012. Kompetisi internasional ini adalah ajang tahunan yang diselenggarakan sebagai pertukaran pengetahuan bagi para mahasiswa kedokteran, khususnya pengetahuan di bidang infeksi, mikrobiologi, imunologi, dan parasitologi.

Ada 54 tim dari berbagai negara turut berpartisipasi pada SIMPIC tahun ini. Delegasi mahasiswa FKUI yang turut serta pada ajang ini, antara lain Stefen Weliadi Ali (FKUI 2018), Hendra Gusmawan (FKUI 2019), Nadine Aurelie (FKUI 2019), dan Hafsa Hapsari (FKUI 2019).

Atas prestasi mahasiswanya tersebut Dekan FKUI Ari Fahrial Syam mengapresiasi para mahasiswa yang telah berprestasi dalam ajang SIMPIC 2023, khususnya kepada Stefen Weliadi Ali yang berhasil meraih Silver Medal.

“Saya tentu bangga kalian bisa mengharumkan nama FKUI dalam ajang internasional,” katanya.

Apresiasi juga disampaikan kepada para pembimbing yang telah mendampingi mahasiswa selama persiapan hingga pelaksanaan lomba.

“Semoga prestasi ini dapat menginspirasi mahasiswa lain untuk mencetak prestasi-prestasi yang membanggakan,” kata Prof Ari Fahrial.(ant)***

RELATED ARTICLES

Berita Populer